Sepatu Wanita Online

 Tips Membeli Sepatu Wanita Online

Tips Membeli Sepatu Wanita Online


Wanita yang membeli sepatu secara online tentu tidak bisa memilih dengan lebih teliti dan kurang bisa mencermati sepatu pilihannya seperti membeli di toko sepatu favoritnya. Meskipun demikian toko online yang menjual beragam barang dan jasa kini makin bertambah banyak, karena tidak hanya memberikan efektivitas dan efisiensi untuk berbelanja, pengguna internet bisa mencari beragam produk dari berbagai lokasi tanpa perlu beranjak dari kursi atau tempat tidur.

Menariknya bagi wanita yang menyukai sepatu, tidak perlu harus keluar masuk toko dari mal-mal yang berbeda untuk mencari sepatu model terbaru, atau sepatu-sepatu unik disain lokal yang kreatif. Semuanya hanya perlu dilakukan dengan menggerakkan jari-jari.

Tetapi apakah membeli sepatu secara online itu aman ? 

Apakah sepatu yang kita beli bisa benar-benar pas di kaki, aman dan enak dipakai ?  Tentu saja tidak boleh asal tertarik pada foto yang dipajang di toko online, karena kita tidak dapat melihatnya dalam bentuk 3 dimensi. Apalagi sepatu wanita memiliki lebih banyak model, warna dan pernik-pernik dibandingkan dengan sepatu pria. Selain itu, tidak semua toko online memberikan pelayanan seperti yang kita harapkan.

Harus dipahami bahwa terdapat beberapa perbedaan antara berbelanja secara online dengan berbelanja secara langsung, Anda tidak bisa secara bebas mencoba sepatu yang Anda kehendaki, Anda juga tidak bisa memastikan apakah ujung sepatu pilihan Anda itu tidak terlalu sempit, sehingga agak sakit ketika dipakai berjalan ? Selain itu, Anda tidak bisa menawar harganya atau mencoba sepatu yang dipajang di sebelahnya, yang meskipun modelnya tidak sama persis, tetapi mungkin lebih nyaman digunakan untuk berjalan.

Agar Anda tidak salah pilih dan akhirnya kecewa, ada baiknya meluangkan waktu beberapa menit untuk membaca tips membeli sepatu wanita ini.

1. Pastikan Anda mengetahui secara persis ukuran kaki Anda sesuai dengan model sepatu yang Anda inginkan. Apakah sepatu hak rendah atau high heels ? Tidak semua kaki wanita bisa digeneralisir sama, ada sebagian wanita dengan ukuran kaki tertentu akan cocok dan pas menggunakan sepatu dengan ukuran yang sama. Tetapi untuk menggunakan sepatu yang berujung runcing dia memerlukan ukuran sepatu yang lebih besar.

Tentunya Anda sudah bisa memperkirakan ukuran berapa yang lebih nyaman dipakai bila memilih sepatu yang berujung runcing, atau sepatu berhak tinggi. Jika merasa diperlukan, ukurlah berapa panjang telapak kaki Anda dengan cara menginjak selembar kertas putih, lalu menandai dengan pensil bagian belakang dan ujung kaki, kemudian ukur dengan penggaris. Hal ini akan sangat  membantu untuk bisa memilih sepatu secara tepat, jika toko online tersebut menyediakan fasilitas untuk chatting atau berkomunikasi melalui telepon.

Bekal yang bersifat mendasar untuk bisa memilih sepatu yang pas, sehat dan sekaligus mempercantik penampilan kaki Anda adalah pengenalan Anda terhadap ciri-ciri atau karakteristik kaki Anda sendiri. Sehingga Anda tidak akan mudah tergiur oleh setiap sepatu wanita yang ditayangkan di toko-toko online. Kecuali yang Anda tahu persis bahwa sepatu tersebut akan cocok untuk kaki Anda.

2. Hal terpenting yang kedua adalah mengetahui seberapa terpercaya toko online tersebut. Dalam masyarakat kita yang terhitung baru mengenal internet, sebagian besar orang masih ragu-ragu untuk berbelanja secara online. Tetapi sebaliknya, sebagaian orang bisa dengan mudah percaya ketika menyaksikan penampilan sebuah toko online yang menurutnya sangat menarik, akibatnya tanpa berpikir panjang langsung melakukan transaksi. Kerugiannya adalah mendapat sepatu yang tidak sesuai dengan foto yang mereka tayangkan, memang bisa dikembalikan tetapi mungkin pelayanannya kurang memuaskan. Kerugian paling fatal adalah uang sudah ditranfer, tetapi sepatu tak kunjung datang.

Agar Anda tidak termasuk wanita yang gaptek atau yang mudah dibohongi, maka sebelum membeli sepatu secara online, carilah referensi tentang toko tersebut dengan mengetikkan namanya pada mesin pencari. Maka akan muncul banyak nama yang sama, biasanya jika ada pembeli yang merasa dirugikan, mereka akan menyampaikan rasa kekesalan dan ketidakpuasan tersebut dalam forum-forum. Dari sini Anda akan mengetahui bagaimana reputasi toko online tersebut.

Toko online biasanya bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi atau jasa pengiriman. Setelah Anda melakukan pembayaran, biasanya akan diberikan nomor bukti pengiriman dari perusahaan pengiriman via e-mail. Dari nomor tersebut Anda bisa akses ke perusahaan ekspedisi yang bersangkutan untuk memantau proses pengiriman sepatu Anda, sejak mulai dikirimkan, selama dalam perjalanan hingga sampai di kantor cabang perusahaan ekspedisi di kota Anda. Di hari yang sama, atau paling lambat keesokan harinya, sepatu tersebut akan diantar ke rumah Anda.

Tidak usah ragu untuk berbelanja secara online, karena jika dilakukan secara tepat, akan ada banyak waktu yang bisa dihemat dan jauh lebih efisien dibandingkan jika berbelanja di toko sepatu konvensional. Kecuali, jika Anda sengaja membeli sepatu di mal sebagai suatu rekreasi.

3. Tips Membeli sepatu wanita online yang ketiga ini lebih bersifat teknis. Jangan langsung memutuskan untuk membeli sepatu yang kelihatannya bagus dan cocok seperti yang ditayangkan oleh sebuah toko online. Kenali dulu jenis sepatu yang Anda inginkan, Anda masih perlu mencermati sepatu tersebut dari sudut pandang atau dimensi yang berbeda, karena sepatu wanita memiliki lebih banyak bagian dan banyak pernik-pernik, ada baiknya memilih sepatu yang ditayangkan lebih dari satu foto dan dari berbagai sudut serta dilengkapi dengan keterangan seperlunya.

Untuk membeli sepatu yang berhak tinggi, pastikan berapa centimeter tinggi hak sepatu yang ditayangkan tersebut. Foto yang diambil dari sudut berbeda bisa mengesankan sepatu berhak 4 centimeter kelihatan lebih tinggi atau sebaliknya. Pentingnya menampilkan sepatu yang dijual dalam berbagai dimensi tersebut agar konsumen bisa melihat dengan sejelas-jelasnya.  Model sepatu wanita tertentu seperti Wedges dan Prism misalnya, jika hanya ditampilkam dalam bentuk satu dimensi, keduanya nyaris sulit dibedakan. Dalam hal ini sebaiknya ditanyakan ke penjual melalui fasilitas komunikasi yang disediakan.

Jika Anda sudah mempunyai satu pilihan yang sesuai dengan keinginan Anda, jangan terlalu cepat memutuskan untuk membeli. Tetapi kunjungi toko-toko online yang lain untuk digunakan membandingkan disain, harga dan kualitas. Mungkin Anda bisa menemukan model yang sama tetapi dengan warna yang lebih cocok atau sepatu dengan merk dan model yang sama tetapi dijual dengan harga yang lebih murah.

Periksa secara cermat, kalau perlu lakukan kontak dengan toko online, apakah memberikan garansi atau tidak. Jika ternyata sepatu yang Anda beli kurang sesuai dengan keinginan Anda atau mengalami kerusakan, apakah bisa ditukar atau tidak ? Jika bisa ditukar, berapa lama waktu penukaran hingga proses pengiriman kembali ke tempat Anda ?

Memang harus dipahami bahwa sepatu bagi seorang wanita adalah bagian dari gaun yang dikenakannya. Sehingga jenis dan merk sepatu memberikan kontribusi cukup besar bagi  penampilannya secara keseluruhan. Anda tidak percaya ? Cobalah berdiri di hadapan cermin,  kenakan gaun malam yang eksotis, lalu pakailah sepatu olahraga !

Kelemahan kaum wanita ketika membeli sepatu adalah karena lebih menuruti rasa ketertarikannya dibandingkan pertimbangan rasionalnya, apalagi jika sepatu yang diincarnya itu diprediksi bisa memberikan sentuhan yang sangat berarti bagi penampilannya. Hal ini tidak hanya berlaku untuk berbelanja melalui internet di toko online, tetapi juga di toko “offline”.