Model Sepatu Wanita

Model Sepatu Wanita Kaki Kuda

Model Sepatu Wanita yang Diilhami

Oleh Kaki Centaur


Model sepatu wanita mirip kaki Centaur ini adalah hasil pengembangan high heels model Pump. Sang disainer berhasil mengasosiasikan model sepatu wanita tersebut dengan kaki Centaur, mahluk yang berbadan manusia setengah kuda dalam  mitologi Yunani yang sudah berusia ratusan tahun. Akhirnya  ide kreatif itu direalisasikannya menjadi sepasang sepatu unik.

Centaur adalah salah satu makhluk aneh yang paling dikenal dalam mitologi Yunani. Centaur tinggal di Gunung Pelion dan memiliki hubungan erat dengan Dionysus, dewa anggur dan dewa pesta. Centaur merupakan keturunan dari Centaurus, centaur yang pertama.  Ayah Centaurus adalah seorang manusia yang menjadi penguasa Thessaly, bernama Ixion. 

Bagaimana proses kehadiran Centaur dalam mitologi tersebut ?

Dikisahkan bahwa Ixion mencintai Hera, isteri Zeus sang penguasa tertinggi dalam mitologi Yunani. Sebelum Ixion sempat mengajak Hera berselingkuh, niatnya sudah diketahui Zeus. Untuk mencegah isterinya diselingkuhi Ixion, Zeus menciptakan seorang wanita dari segumpal awan yang mirip dengan Hera, dan diberi nama Nephele.

Model Sepatu Wanita Kaki Kuda
Centaur perempuan dalam mitologi Yunani
Ketika Ixion bertemu Nephele yang disangka Hera, ia pun mengajak melakukan hubungan badan sampai akhirnya Nephele mengandung dan melahirkan anak mereka. Tetapi anak itu tidak berwujud manusia,  melainkan berupa mahluk setengah manusia dan setengah kuda yang kemudian mereka beri nama Centaurus. Kaki Centaur yang tidak berbeda dengan kaki kuda ini memiliki kemiripan dengan bagian toe box pada sepatu high heels model Pump, dari sini kemudian timbul ide untuk mendisain sepatu wanita high heels model kaki Centaur.

Meskipun sepatu ini mengundang kekaguman karena tingginya kreativitas sang disainer, sehingga nota bene menjamin penampilan yang sangat berbeda bagi penggunanya, pada kenyataannya tidak menjadi trend di dunia fashion. Sepatu ini memang menarik tetapi tidak laik untuk digunakan, kecuali pada kesempatan tertentu seperti penyelenggaran carnaval atau fashion show dengan thema khusus..

Hal ini sekaligus menyiratkan bahwa setiap jenis dan model sepatu wanita memiliki pangsa pasar tersendiri sesuai dengan desain, warna, jenis bahan dan tujuan pembuatannya. Khususnya bagi wanita yang secara naluriah beranggapan bahwa penampilan sangat penting untuk memperoleh dukungan sosial, kemudahan memperoleh lingkungan pergaulan, dan untuk menarik perhatian lawan jenis bahkan menunjang karir.

Karena itu, perilaku dalam memilih dan membeli jenis dan model sepatu merupakan ciri dari masing-masing segmentasi pasar sepatu wanita. Secara umum segmen pertama adalah untuk sepatu wanita dengan disain sedang ngetren, diproduksi secara massal agar bisa dijual murah, memiliki merk lokal  atau tidak memberi label merk sama sekali, sebagian menggunakan merk yang mirip dengan merk sepatu terkenal. Para wanita dalam segmen ini berstatus ekonomi menengah ke bawah, mereka memang tidak memerlukan merk, tetapi membutuhkan penampilan sesuai dengan mode yang sedang “in”.

Segmentasi kedua dimiliki oleh produk sepatu wanita import dengan merk terkenal. Mereka yang membeli di pasar ini adalah wanita berstatus sosial ekonomi kelas menengah atas, terutama yang pada peduli merk, kualitas dan kenyamanan. Mereka tidak mempedulikan soal harga, karena memang menyadari bahwa harga terkorelasi dengan kualitas dan kenyamanan sepatu yang mereka butuhkan.

Pasar untuk segmentasi ketiga ini berisi produk terbatas, yakni sepatu wanita yang ditawarkan oleh para fashion designer. Wanita yang menjadi pembeli di pasar ini umumnya berasal dari kalangan dengan status sosial ekonomi kelas atas dan para selebriti. Mereka sangat peduli dengan penampilan ekslusif, karena itu mereka sangat mengenal dan memahami sepatu, sehingga cenderung memperoleh kepuasan dengan menggunakan sepatu wanita yang didisain atau dicustom dengan disain khusus.

Jika bagian-bagian sepatu wanita didisain terlalu ekstrim agar berbeda secara total dari model-model sebelumnya seperti sepatu wanita model kaki Centaur ini, justru tidak memiliki segmen pasar sama sekali.  Sepatu ini diproduksi secara eksklusif dan dijual dengan harga kurs IDR 18 juta per pasang. Tetapi meskipun dijual dengan harga murah, Siapa wanita yang ingin memakai high heels ini agar kakinya terkesan seperti kaki kuda ?

Model Sepatu Wanita Kaki Kuda
Bukan tampil lebih seksi, tapi justru terkesan berkaki kuda

Artikel Terkait dengan “Model Sepatu yang Diilhami Kaki Wanita Centaur” :

Hanya Lady Gaga yang Bisa Memanfaatkan Ultra High Heels
Desain Model Sepatu Wanita yang Unik dan Cantik