Memilih Sepatu Wanita

Tips Memilih Sepatu Wanita

Anda Kesulitan Saat Memilih Sepatu ?


Tips ini mungkin berguna untuk mengatasi kesulitan dalam memilih sepatu wanita, baik yang dijual secara online maupun offline. Di toko konvensional terdapat interaksi antara pembeli dan penjual. Pembeli yang telah akrab akan mendapat pelayanan yang lebih individual, sambil bersantai bisa diminta pertimbangan dalam memilih sepatu. Sementara kelebihan berbelanja secara online terletak pada efektivitas dan efisiensi, pembeli bisa memperoleh lebih banyak informasi tentang beragam model sepatu tanpa kehilangan lebih banyak waktu.

Tentu saja, secara online Anda tidak perlu harus mengunjungi sekian banyak toko sepatu untuk melihat beragam model dan membandingkan harganya sebelum memutuskan untuk membeli sepatu pilihan Anda. Secara online, Anda bisa mendapat pilihan lebih banyak dalam waktu tidak terlalu lama, tergantung pada koneksi internet, meskipun hanya bisa dilihat dalam bentuk gambar.

Masalahnya, bagaimana cara tepat untuk mengatasi kesulitan dalam memilih sepatu wanita ?

Karena tidak terjadi interaksi secara langsung dengan penjual, bagaimana bisa meyakinkan sepatu yang kita beli akan dikirim ke rumah atau alamat yang kita berikan secara tepat waktu, dengan model sepatu yang kita pilih dan kualitas seperti yang ditawarkan ? Bagi yang pertama kali membeli secara online kadang-kadang masih kebingungan untuk mengosongkan keranjang belanja ketika ingin mengganti sepatu yang telah dipilih dengan sepatu lain yang ternyata lebih menarik.

Bagi wanita yang memiliki hoby koleksi sepatu sebagai bagian dari penampilan mereka, berbelanja sepatu secara online akan menjadi aktvitas yang sangat menyenangkan. Paling sedikit mereka akan membeli dua pasang sepatu dan bisa berlama-lama untuk browsing tanpa mengenal waktu. Karena toko sepatu wanita online tidak pernah tutup dan dapat dikunjungi dari tengah malam hingga dini hari.

Sepatu wanita yang beragam model ditawarkan oleh toko online, dari sepatu tanpa hak, hak rendah sampai hak tinggi semuanya nampak sangat menarik, bahkan seringkali pula untuk model yang sama ditawarkan dengan harga lebih murah oleh toko online yang lain, hal ini akan menyulitkan seorang wanita untuk menjatuhkan pilihan. Mereka bisa menghabiskan waktu lama untuk membanding-bandingkan harga, mencari dan memilih mana sepatu yang murah tapi berkualitas. Maklum, setiap wanita tentu ingin selalu tampil prima dan unsur yang menentukan adalah harga dan kombinasi antara sepatu dengan gaun yang berbeda-beda di setiap kesempatan.

Pada umumnya kesulitan wanita dalam memilih sepatu disebabkan oleh keinginannya yang sulit dikendalikan jika dihadapkan pada sederet sepatu dengan berbagai model, apalagi setiap saat hadir sepatu dengan disain terbaru. Akibatnya para pembeli wanita sering terjepit antara keinginan untuk membeli banyak sepatu dan anggaran yang telah disiapkan.

Tips berikut ini diberikan oleh seorang wanita yang “sepatumania”, awalnya berniat berhenti membeli sepatu jika koleksinya sudah mencapai persis seratus pasang. Tetapi pada kenyataannya tidak bisa menghentikan keinginannya untuk terus membeli sepatu, meskipun pada akhirnya bisa membatasi diri dengan memilih sepatu secara lebih rasional dan terencana.

Beberapa tips untuk memilih sepatu wanita dengan cara yang tepat ini, diharapkan bisa menambah wawasan Anda dan membantu Anda untuk lebih mengenal diri sendiri sehingga menjadi lebih rasional pada saat Anda merencanakan untuk membeli sepasang sepatu. Baik ketika membelinya di toko online atau membeli secara langsung di toko sepatu yang banyak terdapat di mal atau pusat pembelanjaan.

Rencanakan model dan warna sepatu yang akan dibeli

Untuk memilih sepasang sepatu bagi wanita tidak terlepas dengan pertimbangan atas gaun yang dikenakannya. Atau sebaliknya, ketika seorang wanita tertarik pada sepasang sepatu yang menurutnya sangat cantik, maka pada saat itu pula ia akan membayangkan gaun apa yang sesuai jika dia menggunakan sepatu itu. Sehingga dengan tidak disadari, setelah membeli sepatu tersebut lalu mengklik toko pakaian online atau masuk ke gerai pakaian untuk mencari gaun yang cocok.

Lebih parah adalah pada kasus seorang wanita yang pada awalnya berniat membeli sepatu yang sesuai dengan salah satu gaun miliknya. Pada saat memilih sepatu yang diinginkannya, dia menemukan sepatu model terbaru yang sangat menarik.Apabila memiliki anggaran yang cukup, baginya tidak menjadi masalah untuk membeli dua pasang sepatu sekaligus. Tetapi jika anggaran yang disediakan hanya cukup untuk membeli sepatu seperti yang direncanakan semula, maka dia  dihadapkan ada situasi yang sangat sulit, karena dia harus menjatuhkan satu pilihan.

Kasus lain yang bisa “ditolerir” adalah para wanita yang menganggap bahwa sepatu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari busana. Perhatian mereka tidak terlalu tertuju pada sepatu, mereka hanya akan membeli sepatu setiap kali membeli gaun baru dengan tujuan agar penampilan mereka secara keseluruhan bisa menjadi sangat impresif. Tetapi jika mereka sudah memiliki jenis dan model sepatu yang sesuai dengan gaun baru mereka, merteka tidak tergoda untuk membeli sepatu baru.

Secara logika memang sepatu tidak bisa dipisahkan dengan gaun yang dipakai seseorang. Dalam pengandaian yang tajam, bayangkan bagaimana penampilan Anda jika mengenakan gaun resmi untuk menghadiri resepsi pernikahan tetapi menggunakan sepatu kets, meskipun branded. Atau bayangkan bagaimana penamilan Anda ketika mengikuti lomba lari pada minggu pagi dengan mengenakkan celana olahraga, tetapi memakai sepatu berhak tinggi.

Solusinya, sebelum membeli sepatu pastikan dulu jenis dan model sepatu yang ingin Anda beli. Jika Anda “bertemu” dengan sepatu model terbaru dengan beberapa bagian yang sudah divariasi dan sangat menarik perhatian Anda, pastikan apa yang akan Anda lakukan ! Tetap pada rencana semula atau menunda rencana tersebut atau membeli kedua-duanya. Atau jika Anda memang memiliki hobby koleksi sepatu, maka tentunya Anda sudah terbiasa merencanakan untuk membeli sepasang sepatu tetapi menyiapkan anggaran dua kali lipat.

Kenali masalah psikologis Anda 

Memilih Sepatu Wanita
Antara anggaran dan tuntutan penampilan prima.
Masalah kesulitan dalam memilih sepatu bagi wanita lebih bersifat psikologis. Sebagian wanita yang menganggap sepatu tak lebih sekedar alas kaki, maka pilihannya menjadi lebih sederhana. Mereka tidak mudah tertarik pada sepatu wanita berhak tinggi, tetapi hanya membeli sepasang sepatu flat yang lebih aman digunakan, asal modelnya cukup pantas untuk digunakan di berbagai kesempatan, itu sudah cukup !

Tetapi kebanyakan wanita yang peduli dengan penampilannya tentu tidak bisa bersikap demikian. Mereka selalu kesulitan memilih setiap setiap kali hendak membeli sepatu, jika menjatuhkan pilihan atas sepasang model belakangan masih dibuntuti oleh perasaan kurang puas. Pada akhirnya, tingkat kesulitan yang Anda hadapi bisa digambarkan dengan skema segitiga yang terdiri dari faktor, yaitu : besarnya dorongan terhadap penampilan -  model sepatu - anggaran.

Dengan mengenali ketiga faktor itu, Anda akan lebih mudah untuk mengendalikan kesulitan Anda. Memiliki hobby koleksi sepatu adalah hak azasi, apalagi jika sepatu tersebut produk UKM yang kini menjadi industri andalan dalam negeri. Membeli banyak sepatu akan sama halnya Anda membantu negeri ini menghemat devisa dan membantu pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Tetapi hal ini tentu saja bukan alasan untuk pembenaran jika anggaran Anda terbatas. Jadi, bersikaplah sebagai wanita yang cerdas, selalu berpenampilan menarik yang didukung oleh model sepatu yang sesuai. Di saat yang sama kelola baik-baik anggaran Anda agar di sektor yang lain tidak kedodoran.