Sepatu Wanita Model Prism

Sepatu Wanita Model Prism 1

Dari Sepatu Wedges ke Model Prism


Sepatu wanita model Prism makin menggeser Wedges karena memang lebih elegant dan cantik, meski kurang aman dibandingkan dengan pendahulunya.

Efek ramping dan langsing karena didongkrak oleh sole Wedges yang tinggi tak berbeda dengan efek menggunakan Stiletto, ditambah dengan struktur Wedges yang aman membuat sepatu model ini menjadi favorit wanita. Kalangan wanita yang ingin memiliki penampilan lebih tinggi tanpa harus menanggung resiko terkilir dan terjungkal di tengah jalan sudah akrab dengan model Wedges.

Sepatu wanita model Wedges lebih mudah digunakan sehingga pengguna bisa dengan perasaan aman melakukan lebih banyak gerakan dibandingkan dengan memakai Stiletto high heels. Selain lebih nyaman karena perbedaan ketinggian dari tumit ke ujung jari kaki tidak seekstrim Stiletto, untuk memakai nya pun nyaris tak dibutuhkan latihan. Apalagi di beberapa daerah di Indonesia banyak wanita yang sudah terbiasa menggunakan alas kaki tradisional dari kayu yang disebut bakiak. 

Mengapa bisa diibaratkan demikian ?

Pada dasarnya model wedges bisa disebut sebagai bakiak yang “dimodifikasi” terutama pada disain dan promosi, sehingga “saudara” bakiak itu mendapat tempat terhormat di dunia fashion. Sementara si bakiak sendiri lebih suka tinggal di desa-desa dan kampung, tapi bisa melakukan fungsinya secara jelas dan rasional sebagai alas kaki. Mereka yang biasa menggunakan bakiak tak terlalu repot untuk berpindah menggunakan Wedges, sedikit perbedaannya adalah posisi di bagian tumit yang lebih tinggi.

Popularitas model Wedges sebagai jenis sepatu wanita hak tinggi mampu bertahan sampai beberapa dekade, tetapi sebagaimana lazimnya dunia fashion yang selalu mencari pembaharuan tanpa henti, meskipun kalau “jalan sudah buntu” terpaksa harus sedikit mengubah model-model sebelumnya. Sama halnya dengan pasar Wedges dalam beberapa tahun terakhir sudah mulai mencapai titik jenuh. Kini, model Wedges yang dulu kita kenal sudah mulai kurang diminati dan lebih banyak digantikan oleh model Prism atau Prisma.

Model Prism sebenarnya tidak lebih dari Wedges yang memiliki ketinggian platform sama, tetapi dimodifikasi dengan membentuk sole yang cenderung kecil dan tipis pada permukaan di bagian tumit, sehingga jika dilihat dari samping model Prism nyaris tidak berbeda dengan Wedges. Ukurannya pun berbeda-beda, ada yang semi Prism karena ukurannya pada  bagian tumit tidak terlalu sempit, sebagian ada yang sangat ekstrim sehingga nyaris selebar top heels Stiletto. Sehingga dengan disain dan konstruksi tersebut maka Prism tidak bisa dikategorikan sebagai salah satu jenis sepatu yang aman.

Visualisasi dibawah ini memperjelas perbandingan antara model Wedges dengan model Prism :

Sepatu Wanita Model Prism 2

Kebanyakan para penjual dan sales sepatu model Prism ini tetap menyebutnya dengan Wedges, karena sepintas tidak terdapat perbedaan mencolok antara Wedges dengan Prism. Lagi pula siapa dan kapan model Prism ini hadir di pasar sepatu wanita juga tidak diketahui. Dinamika dunia fashion dan kompetisi pasar sepatu wanita yang semakin ketat telah memacu para disainer mengerahkan kreativitas masing-masing. Sementara ara produsen juga semakin efisien untuk menghasilkan produk murah yang berkualitas.

Sebagian wanita juga menyebut model Cone yang memiliki heels berbentuk segitiga sebagai model Prism. Hal ini bisa dimaklumi, sebab dengan heels mirip piramid terbalik tersebut mengesankan sebagai bentuk prisma, lalu mereka menyebut model itu sebagai Prism. Sedikit perbedaan disain tapi terdefinisi sebagai model yang berbeda seringkali memang membingungkan bagi kalangan awam, kecuali bagi para sepatumania.

Di bidang yang sama, para kompetitor juga akan melihat celah yang sama untuk bisa mengembangkan model Wedges. Hal ini memungkinkan kehadiran model Prism yang pada dasarnya adalah Wedges dengan sentuhan sedikit berbeda pada ketebalan tumit. Bagi masyarakat awam, perbedaan itu akan dianggap sebagai perubahan kecil, sehingga cenderung menyebut Model Prism dengan Wedges.

Demikian pula para penjual dan pelayan toko, cobalah masuk ke salah satu toko sepatu wanita dan tanyakan bahwa Anda mencari sepatu model Wedges. Maka pelayan toko akan menunjuk ke deretan sepatu Prism, bagi mereka antara Wedges dengan Prism nyaris tak ada perbedaan. keduanya memiliki sole yang menyatu mulai dari tumit hingga ujung kaki.

Kemiripan antara dua model tersebut memberikan keleluasan bagi masuknya model Prism untuk menggeser pasar Wedges. Apalagi dunia fashion menuntut produk atau disain yang selalu baru. Model Prism dibandingkan dengan Wedges lebih memiliki banyak keunggulan terutama penampilannya yang lebih ramping, sementara Wedges yang sudah terlalu lama mendominasi pasar menjadi terkesan ketinggalan jaman.

Tetapi kalangan dunia fashion melihat perbedaan antara Wedges dengan Prism sebagai perbedaan yang bersifat mendasar, terutama terkait dari segi keamanan. Setiap pengguna sepatu wanita model Wedges yang beralih ke model Prism akan merasakan perbedaan yang sangat besar. Mereka merasakan tuntutan untuk lebih menegangkan pergelangan kaki setiap kali menapakkan sepatu Prism ke lantai. Heels yang lebih tipis cenderung memaksa pengguna untuk berlaku seperti ketika memakai sepatu model Stiletto.

Prism lebih aman jika digunakan di permukaan lantai yang rata dan bersih, karena bagian solenya yang dimulai dari bawah tumit sampai ke ujung jari-jari kaki memiliki permukaan yang cukup panjang. Sehingga jika di lantai terdapat benda keras yang terinjak atau atau digunakan untuk berjalan di tempat dengan permukaan tidak rata, maka akan memudahkan pengguna Prism kehilangan keseimbangan. Akibatnya bisa terjatuh atau jika memaksa untuk tetap berdiri bisa menyebabkan pergelangan kaki terkilir.

Model Prism memang lebih elegant dibandingkan dengan “saudara tuanya”, Wedges. Karena itu model ini semakin mendominasi pasar high heels dibandingkan model Wedges. Meskipun para penggunanya tahu, jika mereka sebelumnya memakai sepatu high heels yang berkategori aman, kini beralih cukup drastis ke model yang memiliki tingkat kestabilan lebih rendah.

Lebih jelas dapat dibandingkan dari foto-foto sepatu wanita model Prism berikut :

Sepatu Wanita Model Prism 3

Di pasar sepatu kini tersedia lebih banyak model Prism, karena model ini memang lebih elegant. Selain itu Prism dibuat dengan berbagai disain dan bahan, dijual dengan harga bervariasi dari yang paling mahal hingga murah, sehingga menjangkau seluruh lapisan konsumen. Apakah pengguna sepatu yang memilih model Wedges karena alasan keamanan juga akan mengalihkan pilihannya ke model Prism, yang berarti mengabaikan resiko keamanan ? Atau tetap setia untuk selalu menggunakan sepatu model Wedges yang akan menjadi langka ?

Sepatu Wanita Model Prism 4

Pengguna yang semula memilih Wedges dengan alasan apa pun, nampaknya akan sulit menentukan pilihan. Karena fungsi sepatu saat ini bukan hanya sebagai alas kaki, tetapi sudah menjadi bagian dari fashion. Kenyataan tersebut seringkali membuat konsumen sulit menjatuhkan keputusan, akhirnya membiarkan hanyut pada gencarnya promosi yang dilakukan produsen.

Artikel terkait dengan sepatu wanita model Wedges

Sepatu Wanita Model Prism
Sepatu Wedges Masih Jadi Pilihan Wanita
Sepatu Wedges untuk wanita yang dirancang Salvatore Ferragamo pada tahun 1930-an, hingga kini masih populer dan memiliki pasar yang luas. Bagaimana perkembangan model Wedges dari masa ke masa hingga disain yang populer di masa kini ?

Sepatu Wanita Model Prism
Sepatu Wedges - High Heels Aman Rancangan Ferragamo
Sepatu high heels aman adalah Wedges yang dirancang Salvatore Ferragamo setelah mempelajari anatomi kaki di University of Southern California.  Dalam dunia fashion sepatu wanita, Ferragamo adalah legenda yang merancang dan membuat sepatu saat masih berusia 9 tahun !

Sepatu Wanita Model Prism
Agar Tidak Menjadi “Korban” Sepatu Model Wedges
Sepatu Wanita model Wedges terbilang sebagai jenis high heels yang aman, tetapi untuk memakainya perlu dicarikan padanan busana yang sesuai. Bagaimana menggunakan sepatu model wedges tetapi tidak terkesan Anda sedang berdiri diatas sebatang balok yang mirip sepatu ?

Model Sepatu Prism
Model Sepatu Wedges - Sudah Ada Sejak Abad 15 ?
Model Sepatu Chopine memang mirip Wedges, tapi Chopine memiliki fungsi lain yang membuatnya kurang layak disebut sebagai perangkat fashion. Jika Wedges dirancang untuk memberi penampilan optimal, sebaliknya Chopin dirancang untuk memperlakukan wanita secara kejam. Apa itu ?

Wedges Dibenci Kaum Pria Adalah Survey Kadaluarsa
Hasil survey setahun yang lalu dimuat ulang oleh beberapa media online di Indonesia, bahkan ada yang dilabeli dengan hasil survey terbaru. Informasi kadaluarsa itu mungkin bisa membodohi para pengunjung internet, tetapi tidak di kalangan dunia fashion yang peka terhadap perubahan trend mode.

Wedges Trend 2015, Ferragamo Balik Ke Masa Lalu ?
Hasil survey setahun yang lalu dimuat ulang oleh beberapa media online di Indonesia, bahkan ada yang dilabeli dengan hasil survey terbaru. Informasi kadaluarsa itu mungkin bisa membodohi para pengunjung internet, tetapi tidak di kalangan fashion yang peka terhadap perubahan trend mode.

”Rainbow Rainbow Wedges, Ikonnya Wedges Ferragamo
Saat dirancang pertama kali Wedges merupakan model sepatu inovatif dengan platform sekaligus sole berukuran tebal. Rainbow Wedges terpilih sebagai ikon atas penemuan sepatu model Wedges, sekaligus mengukuhkan Penemunya, Salvatore Ferragamo sebagai salah satu Desainer legendaris.

”Sepatu Wanita Salvatore Ferragmo Sepatu Wanita Ferragamo Yang Memperkaya Fashion
Sepatu wanita rancangan Salvatore Ferragamo menjadi tren yang mewarnai dunia fashion menjelang akhir abad 20. Pasalnya, Ferragamo merancang sepatu para aktris Hollywood papan atas. Film-film produksi Hollywod yang beredar di seluruh dunia ikut mempromosikan sepatunya.

Prediksi Fashion : Trend Model Wedges 2015
Trend sepatu model Wedges tahun 2015 yang ditawarkan dalam berbagai fashion show menjelang berakhirnya tahun 2014 nyaris sama. Para desainer mengubah platform Wedges agar tak mengesankan sebagai “ganjal kaki”. Apalagi pasar Wedges sudah digeser oleh model Prism.

Trend Model Wedges 2015-2016, Reinkarnasi Tahun 1939
Model Wedges Ferragamo yang ditawarkan sebagai trend 2015-2016 merupakan reinkarnasi Wedges rancangan tahun 1939, tanpa platform, tetapi lebih stylish dan terkesan aritokratis. Selain itu Ferragamo juga menawarkan heels dengan style baru yang belum pernah dirilis.

Tidak ada komentar: