Sepatu Wedges Wanita

Sepatu Wedges Wanita

Sepatu Wedges Masih Jadi Pilihan Wanita


Sepatu wedges untuk wanita yang dirancang Salvatore Ferragamo pada tahun 1930-an, hingga kini masih populer dan memiliki pasar yang luas.

Sepatu wedges yang kini sangat populer di kalangan wanita diperkenalkan pertama kali oleh Disainer asal Italia,  Salvatore Ferragamo pada era tahun 1930-an. Pada saat itu sepatu jenis flat atau hak datar sudah didominasi oleh Mary Jane dan model T-bar, karena kedua model tersebut sudah dipopulerkan lebih dulu sejak tahun 1920.

Sedangkan pasaran sepatu jenis high heels atau hak tinggi dikuasai oleh beragam model dengan menggunakan hak secara terpisah yang merupakan beragam modifikasi dari Stiletto. Sepatu Wedges hadir sebagai sepatu wanita high heels dengan penampilan yang berbeda, posisi kaki penggunanya tidak berbeda dibandingkan dengan menggunakan Stiletto, bagian tumit berada di posisi yang lebih tinggi dan ujung kaki di bagian lebih rendah.

Apa perbedaan model Wedges dengan model sepatu wanita lainnya dan bagaimana perkembangannya sampai saat ini ?


Perbedaannya terletak pada Shank yaitu bagian yang membentang antara tumit sampai bagian depan telapak kaki untuk membentuk struktur sepatu didisain menjadi satu dengan platform, sekaligus dengan sole atau bagian bawah sepatu yang bersentuhan dengan lantai. Sehingga secara visual cenderung mengesankan sebagai sepatu yang besar dan tebal.

Dalam dinamika perkembangannya, Wedges dikenal sebagai model sepatu besar dan tebal - sementara pengguna menginginkan kesan ramping dan langsing, hal itu menyebabkan para disainer untuk “mencari kompromi” di antara dua realitas tersebut. Hasilnya adalah sepatu wedges dengan disain hak yang mengecil pada bagian tumit. Kemudian model ini di kalangan fashion dikenal dengan istilah Prism.

Sepatu Wedges Wanita

Disain Wedges tersebut dipopulerkan oleh Ferragamo pada tahun 1936. Bentuk Wedges yang didominasi oleh platform besar dan tebal tersebut memerlukan bahan baku yang ringan tetapi kuat, Ferragamo menggunakan bahan kayu yang ringan tetapi kuat, semacam gabus atau kayu balsa. Sehingga tidak mengurangi kenyamanan pengguna sepatu wanita model ini..

Harap maklum, pada jaman itu teknologi belum berkembang pesat seperti  di abad 21. Platform yang digunakan Wadges di masa kini bisa dibuat dari berbagai macam bahan baku yang diaplikasikan oleh teknologi sesuai dengan keinginan disainernya. Sehingga platformnya bisa dibuat transparan, dari bahan campuran plastik sampai logam dengan bobot ringan tetapi kuat.

Di kalangan pengguna high heels yang bertujuan untuk bisa tampil dengan postur tubuh terkesan lebih tinggi, Wedges langsung menjadi alternatif utama menggantikan high heels dengan tumit terpisah yang berujung runcing. Alasannya, Wedges dengan bagian sol datar itu lebih mudah digunakan dan kurang beresiko dibandingkan menggunakan sepatu hak tinggi dengan model Stiletto atau Cone.

Sepatu Wedges membutuhkan latihan hanya sebentar untuk bisa menggunakannya secara trampil. Solenya yang lebar dan rata dari bagian tumit sampai ke ujung kaki memberikan stabilitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Stiletto. Wedges yang dilengkapi dengan ankle strap tidak hanya menambah kenyamanan, juga lebih menjamin keamanan penggunanya.

Bahkan ketinggian yang dikehendaki dengan menggunakan model Wedges ini bisa menyaingi ukuran tinggi high heels model platform, yakni hanya dengan menambah pula ketinggian platform Wedges, meskipun resiko bagi penggunanya juga akan bertambah. Sejak dipopulerkannya Wedges di tahun 1930-an oleh Ferragamo, disain Wedges terus mengalami inovasi sejalan dengan perkembangan teknologi sampai memasuki abad 21.

Sepatu wedges oleh kalangan dunia fashion dideskripsikan sebagai rancangan Salvatore Ferragamo, sehingga sampai saat ini Wedges selalu identik dengan nama perancang mode asal Italia itu. Model Wedges juga mengalami perjalanan yang cukup panjang, menjelang pecahnya Perang Dunia II sepatu model Wedges sedang ngetrend di Amerika. Pada saat itu Wedges dengan ketinggian maksimal yang dijual di pasaran tercatat memiliki heels 5 inci atau 12,7 Cm.

Ketika terjadi Perang Dunia ke II, sepatu model Wadges sulit didapatkan di Amerika. Pasalnya, bahan-bahan utama untuk membuat sepatu dengan model tebal itu sulit didapatkan, sehingga produsen tidak dapat lagi mematok harga murah. Akibat situasi perang banyak pabrik yang menjalankan kegiatan produksi secara tersendat-sendat karena jalur pasokan bahan baku yang didatangkan dari luar Amerika sering terganggu peperangan.

Model Wedges terpaksa memudar dari pasaran sampai beberapa tahun. Sampai pada era 1970-an model sepatu wanita rancangan Ferragamo itu muncul kembali. Tetapi penampilannya bukan lagi seperti di jaman sebelum Perang Dunia II. Kali ini Wedges lahir dengan disain lebih berani dan dengan warna-warna yang lebih ekstrim.

Seperti biasa yang terjadi di dunia fashion, popularitas Wedges kembali surut setelah kemunculannya yang kedua itu. Pelahan-lahan model Wedges mulai digeser oleh model-model baru yang lebih inovatif. Pada tahun 1990-an, Wedges kembali berinkarnasi di dunia fashion. Popularitas Wedges terutama didongkrak oleh anggota Spice Girls yang mengenakan sepatu model tersebut.

Setiap kali Spice Girls melakukan tour ke suatu  kota atau negara, maka Wedges yang menjadi favorit mereka pun ikut terpromosikan, fans Spice Girls yang fanatik ikut menjadi “pemasar” karena kecenderungan untuk meniru group kesayangan mereka, juga dalam memakai sepatu Wedges. Perkembangan teknologi telekomunikasi yang sudah lebih maju ikut mendorong percepatan popularitas Model Wedges. Kebangkitan kembali model Wedges pada tahun 1990-an itu sekaligus menjadi penyebaran online model Wedges ke seluruh penjuru dunia.

Sesuai dengan siklus dalam dunia fashion, Wedges kembali surut hingga beberapa tahun. Tahun 2006 model Wedges muncul kembali sebagai jenis high heels dengan penampilan baru pada bentuk solenya. Jika sebelumnya Sole yang sekaligus menjadi “platform”-nya itu didisain lebar dari ujung jari kaki hingga ke bagian tumit, kini bagian tumit tersebut dipersempit, sehingga nampak menjadi lebih ramping.

Model yang telah mengalami perubahan itu di kemudian hari oleh kalangan fashion disebut Prism.Kalau dulu kedua model sepatu tersebut sering ditemukan di pasar sepatu, karena penggemar Wedges cukup banyak, lambat laun tergeser oleh sehingga kehadiran “adik”-nya sendiri, Prism yang dianggap oleh konsumen memiliki penampilan yang lebih elegant.

Kini Prism yang masih sering disebut sebagai sepatu model Wedges tersebut memiliki penampilan yang lebih beragam akibat semakin banyaknya disainer yang kreatif. Sementara itu bahannya pun juga beraneka karena kemampuan teknologi mutakhir dalam mengaplikasikan berbagai material sesuai kebutuhan yang diperlukan. Sedangkan di sisi lain, karena luasnya pasar maka kompetisi pun menjadi semakin ketat, akibatnya sepatu Wedges dijual dengan harga yang semakin murah dengan kualitas tetap terjaga.

Penampilan wanita pengguna sepatu model Prism di masa kini juga sangat berbeda dengan mereka yang menggunakan sepatu model Wedges di tahun-tahun sebelumnya. Dunia fashion di masa modern memiliki lebih banyak pilihan untuk mengubah penampilan seorang wanita menjadi lebih cantik dan menarik, tetapi pilihan-pilihan itu hanya tersedia untuk para wanita yang memiliki kesadaran fashion cukup memadai. Jika tidak, mereka hanya akan menjadi korban iklan yang juga disebarkan dengan cara semakin canggih dan beragam.


Artikel terkait sepatu wanita model Wedges :

Sepatu Wedges Wanita
Sepatu Wedges - High Heels Aman Rancangan Ferragamo
Sepatu high heels aman adalah Wedges yang dirancang Salvatore Ferragamo setelah mempelajari anatomi kaki di University of Southern California.  Dalam dunia fashion sepatu wanita, Ferragamo adalah legenda yang merancang dan membuat sepatu saat masih berusia 9 tahun !

Sepatu Wedges Wanita
Agar Tidak Menjadi “Korban” Sepatu Model Wedges
Sepatu Wanita model Wedges terbilang sebagai jenis high heels yang aman, tetapi untuk memakainya perlu dicarikan padanan busana yang sesuai. Bagaimana menggunakan sepatu model wedges tetapi tidak terkesan Anda sedang berdiri diatas sebatang balok yang mirip sepatu ?

Sepatu Wedges Wanita
Dari Sepatu Wedges ke Model Prism
Kehadiran model Wedges sebagai sepatu wanita jenis high heels yang aman mulai digeser dengan sedikit modifikasi di bagian heels yang kemudian disebut model Prism, model ini memang lebih elegant meski kurang aman. Tapi bagi masyarakat awam perbedaan itu nyaris tak nampak.

Model Sepatu Wedges
Model Sepatu Wedges - Sudah Ada Sejak Abad 15 ?
Model Sepatu Chopine memang mirip Wedges, tapi Chopine memiliki fungsi lain yang membuatnya kurang layak disebut sebagai perangkat fashion. Jika Wedges dirancang untuk memberi penampilan optimal, sebaliknya Chopin dirancang untuk memperlakukan wanita secara kejam. Apa itu ?

Sepatu Wedges Wanita Wedges Dibenci Kaum Pria Adalah Survey Kadaluarsa
Hasil survey setahun lalu dimuat ulang oleh beberapa media online di Indonesia, bahkan ada yang dilabeli dengan hasil survey terbaru. Informasi kadaluarsa itu mungkin bisa membodohi para pengunjung internet, tetapi tidak di kalangan dunia fashion yang peka terhadap trend mode.

Sepatu Wedges Wanita Wedges Trend 2015, Ferragamo Balik Ke Masa Lalu ?
Hasil survey setahun yang lalu dimuat ulang oleh beberapa media online di Indonesia, bahkan ada yang dilabeli dengan hasil survey terbaru. Informasi kadaluarsa itu mungkin bisa membodohi para pengunjung internet, tetapi tidak di kalangan fashion yang peka terhadap perubahan trend mode.

”Rainbow Rainbow Wedges, Ikonnya Wedges Ferragamo
Saat dirancang pertama kali Wedges merupakan model sepatu inovatif dengan platform sekaligus sole berukuran tebal. Rainbow Wedges terpilih sebagai ikon atas penemuan sepatu model Wedges, sekaligus mengukuhkan Penemunya, Salvatore Ferragamo sebagai salah satu Desainer legendaris.

”Sepatu Wanita Salvatore Ferragmo Sepatu Wanita Ferragamo Yang Memperkaya Fashion
Sepatu wanita rancangan Salvatore Ferragamo menjadi tren yang mewarnai dunia fashion menjelang akhir abad 20. Pasalnya, Ferragamo merancang sepatu para aktris Hollywood papan atas. Film-film produksi Hollywod yang beredar di seluruh dunia ikut mempromosikan sepatunya.
”Prediksi
Prediksi Fashion : Trend Model Wedges 2015
Trend sepatu model Wedges tahun 2015 yang ditawarkan dalam berbagai fashion show menjelang berakhirnya tahun 2014 nyaris sama. Para desainer mencoba mengubah platform Wedges agar tak mengesankan sebagai “ganjal kaki”. Apalagi pasar Wedges sudah digeser oleh model Prism.

”Trend Trend Model Wedges 2015-2016, Reinkarnasi Tahun 1939
Model Wedges Ferragamo yang ditawarkan sebagai trend 2015-2016 merupakan reinkarnasi Wedges rancangan tahun 1939, tanpa platform, tetapi lebih stylish dan terkesan aritokratis. Selain itu Ferragamo juga menawarkan heels dengan style baru yang belum pernah dirilis.

Tidak ada komentar: