Tips Memilih Sepatu Wanita Fashion

Tips Memilih Sepatu Wanita Fashion

Tips Memilih Sepatu Wanita Fashion


Tips ini lebih bersifat menjelaskan bahwa untuk memilih sepatu agar wanita dapat tampil secara prima, maka diperlukan kesadaran fashion, bukan hanya faktor disain atau harga yang terjangkau.

Tips memilih sepatu terutama untuk wanita sudah banyak diposting di berbagai blog dan website, tetapi bersifat umum bukan untuk fashion yang bertujuan membentuk penampilan wanita secara utuh. Biasanya tips berisi tentang jenis dan model sepatu yang nyaman, bahan yang digunakan. Bagaimana mengetahui ukuran kaki secara tepat dan kapan sebaiknya membeli sepatu, sampai kepada pentingnya memastikan garansi yang diberikan oleh penjual.

Tips ini ditujukan khusus untuk mereka yang beranggapan bahwa membeli sepatu tidak berbeda dengan membeli pakaian. Dan tahu persis bahwa penampilan optimal seorang wanita ditentukan oleh pilihan atas pakaian yang dikenakannya. Bagi seorang wanita yang fashioned, modis atau sadar mode memahami bahwa pakaian bukan sekedar baju atas dengan rok bawah, celana jeans dan T-shirt atau sepotong gaun terusan. 

Mengapa demikian ?

Dari segi fashion, penampilan seorang wanita tidak hanya ditentukan oleh pakaian yang dikenakannya, tetapi juga sepatu, ikat pinggang, tas atau semua asesories yang melekat saat mengenakan pakaian tersebut. Setiap penampilan adalah komposisi atas elemen-elemen yang dinilai sesuai dan saling mendukung sehingga menjadi semacam sinergi yang bisa menghadirkan efek yang dikehendaki oleh penggunanya.

Dengan demikian ketertarikan Anda terhadap sepasang sepatu semata-mata bukan karena nilai estetik disain sepatu tersebut, merknya yang terkenal atau potongan harga yang diberikan oleh penjual. Karena bagaimana pun menariknya sepasang sepatu wanita, begitu melekat di kaki Anda, maka dia hanya akan menjadi salah satu elemen dari pakaian Anda. Dia harus mampu bersikap “demokratis” dalam “berkolaborasi” dengan elemen-elemen lainnya, yakni pakaian Anda yang mungkin terdiri dari rok dan baju, ikat pinggang dan tas atau jam tangan dan syal yang Anda pakai.

Secara obyektif adalah mustahil Anda akan tampil modis hanya mengandalkan sepasang sepatu yang Anda nilai memiliki disain yang indah, atau karena Anda membelinya dengan harga yang sangat mahal dari rumah mode terkenal. Sementara di saat yang sama Anda mengabaikan pakaian Anda dan elemen-elemen lainnya yang pada hakekatnya adalah merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan.

Jika Anda memahami tujuan dari artikel ini, tentunya Anda seorang wanita yang benar-benar memiliki pengertian fashion secara benar. Karena itu pula Anda tidak mudah untuk memutuskan membeli sepatu, pakaian, tas atau ikat pinggang meskipun keluaran dari rumah mode terkenal, atau dijual dengan diskon besar. Karena setiap elemen tersebut dalam pengertian fashion harus bisa saling “berinteraksi” dengan yang lain.

Seorang wanita modis hanya akan membeli pakaian “secara utuh”, artinya tidak terdorong oleh keinginan untuk membeli hanya satu “elemen”, misalnya sepatu. Tetapi dia hanya akan mulai memilih dan membeli  salah satu “elemen” setelah memiliki rancangan secara keseluruhan. Dia tidak mudah tergoda oleh segala bentuk promosi dan strategi produsen, karena niatnya membeli sepatu baru akan muncul setelah memiliki gambaran atau rancangan tentang pakaian yang diinginkannya.

Dalam kenyataannya, di kalangan wanita yang fashioned ini terdapat kecenderungan yang berbeda. Ada kelompok yang cenderung lebih menyukai sepatu, ada yang lebih suka pada ikat pinggang atau tas. Sehingga, biasanya mereka lebih dulu memprioritaskan ketertarikannya kepada salah satu elemen, misalnya sepatu. Baru setelah itu merancang dan mencari elemen-elemen lain yang sesuai.

Karena tips ini diposting dalam blog tentang sepatu wanita, maka tipsnya adalah bagaimana mengatasi dorongan yang sulit untuk memiliki sepatu baru, sementara elemen-elemen lain untuk sepatu yang kemarin Anda beli belum seluruhnya terpenuhi. Masih ada perasaan “kurang” ketika Anda memakainya, kini sudah tergoda untuk memiliki sepatu yang baru lagi.

Harus dimaklumi, kini banyak sepatu yang memiliki fungsi dan nilai keindahan yang setara. Sepatu-sepatu yang menjadi selera Anda, yang nota bene kelompok wanita sadar fashion tentu memiliki nilai tambah lebih banyak dibandingkan sepatu yang disukai konsumen biasa. Dan pasti akan memberikan efek optimal bagi penampilan Anda.

Masalahnya,  kecenderungan atau lebih tepatnya hobby mengkoleksi sepatu ini seringkali mengakibatkan “limit anggaran”. Tidak hanya secara ekonomis, tetapi secara psikologis juga menjadi beban akibat merasa “kurang pas”-nya penampilan jika sepatu tidak atau belum sepenuhnya bersinergi dengan “elemen-elemen” lain, yang kadangkala untuk memperolehnya harus dilakukan dengan cara “berburu”agar benar-benar mendapatkan pilihan secara tepat.

Sesama wanita yang sadar mode akan memiliki selera dan sekaligus kebutuhan yang sama. Perbedaannya terletak pada profesi atau pekerjaan masing-masing. Jika Anda bekerja di kantor, maka fokuskan pada model sepatu kerja. Jika Anda mahasiswi tentunya lebih fokus pada sepatu casual yang membutuhkan anggaran yang sesuai dengan kantong Anda. Kebutuhan dan anggaran seorang wanita pengusaha juga berbeda, mereka lebih banyak tampil di berbagai acara, menemui banyak kolega dan melakukan berbagai lobby yang tentu saja tidak bisa hadir dengan penampilan yang “biasa” dan “itu-itu saja”.

Intinya, wanita fashioned atau modis akan memiliki jenis dan model sepatu yang lengkap. Tetapi kecenderungan masing-masing akan berbeda sesuai dengan profesi dan anggaran yang dimiliki. Ketiga faktor itu, harga dari jenis dan model sepatu - profesi - anggaran, pada prinsipnya selalu berimbang. Jadi, tidak seperti anggapan kebanyakan orang bahwa untuk tampil modis memerlukan biaya besar. Masalahnya adalah pengeluaran anggaran secara efisien, hal ini bisa dilakukan oleh wanita dengan pemahaman fashion yang baik.

Misalnya, tidak mungkin seorang mahasiswi mengkoleksi banyak sepatu stiletto, nota bene harganya pun mahal, sementara aktivitas yang paling banyak adalah ke kampus dimana teman-temannya berpakaian casual. Begitu pula seorang karyawati, sehari-hari memiliki aktivitas paling banyak di kantor, tidak tepat mengkoleksi sepatu hak tinggi, sepatu flat, atau sepatu berkategori aneh. Fokusnya harus pada sepatu kerja semacam kitten atau puppy yang memiliki beragam disain justru akan memberikan nilai optimal bagi penampilannya di mata atasan dan lingkungan kerjanya.

Tetapi mereka semua sangat mungkin juga memiliki Stiletto high heels, Wedges, boots atau model lain. Meskipun jarang dipakai tetapi diperlukan untuk mendukung penampilan pada kesempatan-kesempatan tertentu yang sesuai.

Lebih fokus pada kebutuhan fashion sehari-hari adalah solusi yang timbul secara alamiah, tetapi hal itu juga akan memerlukan proses. Jika Anda tergoda untuk membeli sepatu dengan jenis dan model yang sifatnya kurang relevan dengan aktivitas Anda sehari-hari, maka siapkan beberapa pasang pakaian yang “lebih fleksibel” untuk  model tersebut, terutama terhadap bahan dan warna dari sepatu. Kondisi ini adalah salah satu proses penajaman “sense of beauty” dan harus dilalui oleh para wanita fashioned atau modis.

Tips Memilih Sepatu Wanita Fashion
Memadu pakaian yang fashionable adalah suatu kesenangan dan sekaligus menjadikan Anda sebagai wanita yang selalu berpenampilan optimal dalam berbagai kesempatan. Wanita modis justru mampu berpikir dan bertindak rasional, karena keserasian dan keharmonisan tidak identik dengan biaya mahal. Mereka mampu menciptakan mode sendiri selaras dengan lingkungan mereka tanpa pernah kehilangan jati diri.

2 komentar:

Alya Nisania mengatakan...

Makasih untuk infonya.....sangat bermanfaat. Jangan lupa juga yah kunjungi vans indonesia

Widiyachayara Auliawud mengatakan...

thanks infonya