Apa Itu Nubuck Leather

Apa Itu Nubuck Leather,

Apa Bedanya Dengan Suede ?


Apa Itu Nubuck Leather ? Nubuck leather adalah bahan untuk membuat sepatu yang lebih lembut dari Suede, juga lebih rentan terhadap noda dan kotoran.

Pertanyaan Apa Itu Nubuck Leather ?  mirip dengan Apa itu Suede Leather ? Keduanya memang merupakan jenis bahan untuk sepatu wanita fashion yang lebih dikenal oleh para penyuka sepatu. Orang awam biasanya sudah mengenal Suede leather meskipun tidak tahu persis proses pembuatan dan karakteristik dari salah satu jenis hasil pengolahan kulit tersebut.

Jika Suede digunakan untuk bahan pembuatan sepatu wanita fashion sehingga menjadi lebih elegan, maka Nubuck Leather juga demikian. Tetapi hasilnya adalah sepasang sepatu yang lebih elegan, lebih lembut dan karenanya dijual dengan harga yang lebih mahal. Seperti Suede, Nubuck tidak hanya digunakan sebagai bahan utama pembuatan sepatu, tetapi juga berbagai perangkat fashion, jaket, meubel dan pelapis berbagai produk untuk menimbulkan kesan eksklusif.

Apa yang membuat Nubuck Leather lebih eksklusif ?

Istilah Nubuck berasal dari kata new and buck. Nubuck leather biasanya dibuat dari kulit sapi karena lebih mudah didapat. Jenis kulit ini dibuat dari kulit bagian luar, setelah melalui proses pengolahan, permukaan kulit tersebut kemudian diampelas atau disikat untuk menghilangkan lapisan kulit paling atas sampai timbul tekstur yang halus dan rata.

Selain membutuhkan waktu yang cukup lama proses pengampelasan tersebut juga harus dilakukan dengan kecermatan yang tinggi. Karena tekanan yang tidak sama bisa mengakibatkan serabut tidak rata, akibatnya perbedaaan itu menyebabkan perbedaan warna pada permukaan Nubuck. Sehingga penampilannya pun bisa tidak rata, secara visual akan terkesan dalam satu permukaan terdapat warna gelap dan terang.

Karena merupakan hasil dari proses pengolahan kulit bagian luar yang keras, maka jenis dan model sepatu yang dibuat dari bahan Nubuck relatif lebih kuat, baik jahitan maupun ketahanannya dibandingkan sepatu dengan jenis kulit Suede. Nubuck memiliki permukaan yang lebih halus karena serabut-serabutnya lebih rapat dan pendek. Dengan tekstur tersebut maka secara visual juga nyaris tidak terdapat perbedaan warna gelap dan terang pada pemukaan Nubuck. 


Permukaan Nubuck yang lembut membuat penampilan warnanya lebih solid yang secara signifikan membuatnya berbeda dengan sepatu yang mengkilat karena menggunakan bahan kulit jenis Full Grain atau Brush-Off. Harganyapun lebih mahal dibandingkan Suede meskipun penampilannya nyaris sama. Sepatu dengan bahan Nubuck juga rentan terhadap kotoran sehingga memerlukan perawatan secara khusus.


Artikel Terkait :
Mengenal Jenis Bahan Untuk Sepatu Wanita
Mengenal Jenis Kulit Bahan Sepatu Wanita
Apa Yang Dimaksud Suede Leather ?
Sepatu Wanita Suede Perlu Perawatan Khusus
Perawatan Sepatu Nubuck Mirip Suede
Apa Perbedaan Suede Dan Nubuck ?
Apa Perbedaan Antara Suede Dan Beludru ?
Bagaimana Cara Membersihkan Sepatu Beludru ?

Tidak ada komentar: