Apa Itu Suede Leather

Apa Itu Suede Leather

Apa Yang Dimaksud Dengan Suede Leather ?


Apa itu Suede Leather ? Suede Leather adalah jenis kulit yang dihasilkan melalui proses khusus sehingga memiliki penampilan lembut, elegan dan terkesan mewah.

Apa itu Suede Leather ? pertanyaan ini sering dilontarkan oleh mereka yang tertarik melihat sepatu dari bahan Suede yang berpenampilan lembut, feminin dan sekaligus elegan. Keinginan untuk membeli sepatu dari Suede Leather itu biasanya juga disertai oleh keingintahuan mengenai jenis bahan yang digunakan tersebut. Suede Leather lebih mahal dibandingkan dengan harga kulit biasa, karena itu sepatu dari bahan Suede juga dijual dengan harga lebih tinggi.
    
Alternatif memperoleh sepatu wanita murah dari bahan Suede ditawarkan oleh Suede imitasi, tentu saja selain harganya jauh lebih murah kualitasnya juga lebih rendah karena merupakan hasil produksi pabrik secara masal, bukan hasil olahan tangan perajin kulit. Beberapa penjual yang nakal bahkan menawarkan kain bludru sebagai Suede karena penampilannya yang juga nyaris sama dengan Suede.
    
Apa saja kelebihan dan kekurangan Suede Leather ?

Suede sebenarnya adalah bagian dari leather atau kulit yang dihasilkan dengan proses yang berbeda. Pada umumnya yang paling banyak dikenal berasal dari kulit sapi, selebihnya dari hewan ternak lain seperti kambing, domba dan kerbau. Sepintas terlihat seperti bagian dalam kulit, sehingga orang menyimpulkannya sebagai kulit yang dibalik dan juga menyebut Suede sebagai”kulit balik”.

Sebutan Suede sebenarnya berasal dari bahasa Perancis "Gants de Su├Ęde", yang artinya "sarung tangan Swedia" (Wikipedia). Bisa jadi jenis kulit ini pertama kali dihasilkan di Swedia lalu dibawa ke perancis, kemudian dari Perancis dipulerkan ke seluruh dunia. Sesuai istilahnya dalam bahasa Perancis, Suede pada awalnya digunakan untuk bahan pembuatan sarung tangan wanita.

Apa Itu Suede Leather
Sepatu wanita yang menggunakan bahan Suede nampak lebih elegan tapi rentan kotoran.

Pada perkembangan selanjutnya Suede digunakan untuk bahan dari berbagai produk, termasuk sepatu. Meskipun berasal dari kulit yang sama, tetapi penampilan Suede sangat berbeda dengan Full Grain dan Brush-Off, lebih mirip dengan Nubuck yang proses penyamakannya sedikit berbeda. Karakteristik Suede yang lembut, berserabut dan berpori membuatnya sangat rentan terhadap kotoran.

Apa Itu Suede Leather

Penampilan Suede yang lembut dan elegan dihasilkan dari proses lebih rumit dibandingkan leather atau kulit biasa membuat harga Suede juga menjadi lebih mahal. Alternatif yang ditawarkan untuk mengganti Suede Leather selain produk dari bahan dasar kain yang disebut Bludru juga produk sintetis microfiber. Keduanya memiliki penampilan yang nyaris sama dengan Suede asli. Bahkan Suede imitasi dari microfibre lebih tahan terhadap bermacam kotoran serta lebih mudah dibersihkan.

Suede leather adalah jenis kulit dengan keunggulan pada penampilannya yang lembut. Selain itu  Suede lebih tahan terhadap panas matahari langsung dibandingkan leather biasa. Pengguna sepatu Suede akan tampil lebih elegan dan kaki mereka tidak merasa panas jika berada di luar ruang pada siang hari. Karena itu Sude banyak dipakai untuk bahan sepatu wanita model boots. Kekurangannya, Suede lebih mahal dan rentan terhadap kotoran, sehingga menuntut perawatan khusus dari para penggunanya.


Artikel Terkait :
Mengenal Jenis Bahan Untuk Sepatu Wanita
Mengenal Jenis Kulit Bahan Sepatu Wanita
Sepatu Wanita Suede Perlu Perawatan Khusus
Apa Itu Nubuck Leather, Apa Sejenis Suede ?
Perawatan Sepatu Nubuck Mirip Suede
Apa Perbedaan Suede Dan Nubuck ?
Apa Perbedaan Antara Suede Dan Beludru ?
Bagaimana Cara Membersihkan Sepatu Beludru ?

Tidak ada komentar: