Perawatan Sepatu Nubuck

Perawatan Sepatu Nubuck

Perawatan Sepatu Nubuck Mirip Suede


Perawatan Sepatu Nubuck tak banyak berbeda dengan merawat sepatu dari bahan Suede, hanya saja Nubuck lebih lembut dan  eksklusif, sehingga perlu perhatian lebih intens.

Perawatan sepatu Nubuck memang harus dilakukan lebih intens dan hati-hati, meskipun Nubuck mirip dengan Suede tetapi memiliki serabut yang lebih halus, pendek dan rata. Tidak hanya perawatannya, pembuatannya pun memerlukan kecermatan yang tinggi, karena itu pula Nubuck menjadi pilihan untuk material sepatu wanita yang eksklusif dan dijual dengan harga lebih mahal.

Perawatan terbaik untuk semua jenis dan model sepatu, baik flat maupun high heels yang menggunakan bahan Nubuck leather adalah melakukan pencegahan dari kemungkinan terkena kotoran atau noda dengan cara memakai sepatu Nubuck hanya pada kesempatan tertentu dimana lokasi penampilan Anda benar-benar bersih dan terutama tidak pada musim penghujan. Seperti halnya Suede, Nubuck sangat peka terhadap percikan air, apalagi jika sebelumnya tidak dilakukan pengamanan dengan menyemprotkan protector.

Bagaimana cara merawat sepatu kulit Nubuck ?

Berbeda dengan membeli sepatu dari jenis bahan kulit atau sintetis, pada saat Anda membeli sepatu Nubuck di saat yang sama Anda juga harus membeli satu set perangkat perawatan Nubuck. Bisa dibeli secara terpisah atau sendiri-sendiri, tetapi sebaiknya langsung beli satu set yang terdiri dari Nubuck Protector, Nubuck  Cleaner, penghapus debu dan kotoran yang biasanya disebut Eraser dan sikat Nubuck.

Perawatan Sepatu Nubuck

Fungsi protector yang berbentuk tabung aerosol adalah untuk melindungi permukaan Nubuck, sehingga percikan air dan kotoran tidak menempel langsung ke serabut Nubuck, melainkan tertahan oleh lapisan tipis protector. Karena itu, ketika baru membeli sepatu Nubuck dan sebelum memakainya untuk pertama kali, semprotkan protector secara merata ke seluruh permukaan Nubuck.

Tanpa protector setetes air yang terpercik ke permukaan Nubuck akan terserap dan mengubah warna Nubuck menjadi belang, begitu pula akibatnya andaikata Anda langsung mengusapnya dengan tissue, justru “belang”-nya akan semakin meluas. Apalagi jika terkena kotoran seperti percikan lumpur atau air yang mengandung oli, tertumpah kopi, terkena tetesan ice cream atau kejatuhan cuwilan kue taart.

Memang protector tidak bisa memberikan perlindungan total terhadap kotoran yang terlalu berat dan banyak, tetapi bisa mengurangi intensitas pencemaran terhadap permukaan Nubuck,. sehingga akan membantu untuk lebih mudah membersihkannya. Karena itu protector harus selalu digunakan pada saat sepatu masih baru dan setiap kali sepatu selesai dibersihkan.

Cara membersihkan sepatu kulit Nubuck

Untuk membersihkan debu pada permukaan Nubuck yang harus dilakukan setiap kali sepatu Nubuck selesai digunakan adalah membersihkannya dengan kemucing atau penghisap debu. Jika dibersihkan dengan cara dilap,  debu justru akan lebih tersebar secara merata karena permukaan Nubuck merupakan serabut-serabut halus, bukan seperti permukaan kulit biasa yang licin dan mengkilap.

Cara membersihkan kotoran yang menempel adalah biarkan kotoran benar-benar mengering lebih dulu. Pada prinsipnya kotoran tersebut tidak menempel ke serabut Nubuck, tetapi menempel ke lapisan protector. Setelah kering, gunakan sikat sepatu yang disikat searah tapi jangan ditekan terlalu keras karena tujuan sebenarnya adalah melepas kotoran berikut protektor tempatnya menempel.

Jika masih terdapat sisa kotoran, gunakan penghapus atau eraser yang lebih lembut agar tidak merusak serabut. Tujuannya adalah mencegah kotoran yang menempel menjadi melebar. Selain itu juga meringankan kerja Nubuck Cleaner untuk proses selanjutnya, yakni ketika melakukan pembersihan terakhir dengan penyemprotan Nubuck cleaner dan melapnya menggunakan kain flanel atau bahan lain sejenisnya.

Biarkan sepatu Nubuck benar-benar kering, bisa dikeringkan dengan menggunakan kipas angin atau ditaruh di tempat dengan sirkulasi udara kering. Tetapi jangan sekali-sekali dijemur di bawah terik matahari. Terakhir semprotkan Nubuck protector untuk perlindungan selanjutnya. Jika sepatu Nubuck tak pernah dibersihkan karena tak terkena kotoran, semprotkan protektor sedikitnya setiap enam bulan sekali. Hal ini untuk mencegah kemungkinan berkurangnya lapisan Nubuck protector akibat gesekan atau hal lain sehingga kotoran bisa menempel langsung ke serabut Nubuck.

Sekali lagi, jika Anda bukan penyuka sepatu sejati, pertimbangkan secara serius apakah memang perlu membeli sepatu berbahan Nubuck. Penampilan sepatu berbahan Nubuck memang eksklusif  dan fashioned karena bukan terbilang sebagai sepatu murah. Sepatu Nubuck memang menuntut perhatian lebih banyak dari pemiliknya dalam perawatan dan penggunaannya, tetapi juga mampu memberikan efek yang setara.


Artikel Terkait :
Mengenal Jenis Bahan Untuk Sepatu Wanita
Mengenal Jenis Kulit Bahan Sepatu Wanita
Apa Yang Dimaksud Suede Leather ?
Sepatu Wanita Suede Perlu Perawatan Khusus
Apa Itu Nubuck Leather, Apa Sejenis Suede ?
Apa Perbedaan Suede Dan Nubuck ?
Apa Perbedaan Antara Suede Dan Beludru ?
Bagaimana Cara Membersihkan Sepatu Beludru ?

3 komentar:

Eka Soedono mengatakan...

Sangat berguna! beberapa tipsnya boleh dipake buat online store saya http://www.esrocte.com ga ? Terimakasih.

wini suwarni mengatakan...

Silahkan, pakai link balik boleh, gak pakai juga gak apa-apa.

tokorestu mengatakan...

bergna sekali tips nya