Sepatu Wanita Suede

Sepatu Wanita Suede

Sepatu Wanita Suede Perlu Perawatan Khusus


Sepatu wanita suede memang memiliki penampilan yang lebih anggun, tetapi konsekuensinya memerlukan perawatan dengan peralatan dan bahan pembersih khusus

Sepatu wanita dari bahan suede nampak sangat berbeda jika dibandingkan dengan sepatu bermodel serupa yang berbahan kulit full-grain atau brush-off. Sepatu suede tidak mengkilat, tapi memiliki permukaan yang lembut. Dengan pilihan warna-warna pastel yang tidak norak akan mencerminkan citra penggunanya sebagai wanita yang anggun, dewasa dan bukan sosok yang sembarangan.
   
Jika Anda bukan type wanita seperti itu, dan Anda ingin menciptakan pencitraan bahwa diri Anda adalah seorang wanita seperti sosok tersebut, mungkin Anda bisa memanfaatkan sepatu suede untuk memperoleh penampilan dengan kesan demikian. Tetapi suede leather hanya sekali bisa diajak kompromi, yakni ketika baru dibeli dan langsung digunakan. Selanjutnya dia akan mengungkapkan kepribadian Anda yang sebenarnya.

Mengapa demikian, apakah suede memiliki semacam kekuatan magis ?

Suede bisa digunakan untuk bahan berbagai jenis dan model sepatu wanita, tetapi pada umumnya para desainer memilih jenis high heels dengan model upper yang dominan atau model platform lebar seperti Wedges, bahkan banyak dipakai untuk model boots. Pilihan ini memang didasarkan alasan untuk lebih menampakkan penampilan suede yang lembut sekaligus mempertegas kesan elegan dan bukan sebagai sepatu yang murah.

Model sepatu yang dipilih untuk menggunakan bahan suede ini pada umumnya juga mengandung resiko lebih besar untuk terkena kotoran. Nilai yang membuat mahal dari sepatu berbahan suede tidak hanya disebabkan harga dari jenis bahan yang digunakan atau pada proses pembuatannya, tetapi juga terletak pada tuntutan perawatan dan penggunaannya yang memerlukan kehati-hatian.

Jika Anda bukan termasuk kategori wanita yang menyukai kebersihan dan kerapihan, atau jorok, sebaiknya tidak usah membeli sepatu berbahan suede. Masalahnya, suede adalah jenis kulit yang paling tidak tahan terhadap kotoran, apalagi noda yang mengandung minyak. Bisa jadi Anda rajin merawat sepatu suede Anda beberapa kali, terutama ketika masih baru. Selanjutnya jika kebetulan sedang tidak “mood” akan enggan membersihkannya. Akhirnya menunda dan dibiarkan terbengkelai sampai beberapa hari sampai kotorannya menjadi sulit dibersihkan.. 

Sepatu Suede biasanya menjadi salah satu dari koleksi beberapa pasang sepatu yang digunakan untuk kesempatan tertentu, karena pemiliknya tahu persis suede sangat rentan terhadap kotoran.Untuk membersihkannya juga harus disediakan sikat dan cairan khusus yang hanya dapat diperoleh di toko sepatu yang cukup besar. Sementara sepatu kulit biasa, terutama berwarna hitam membutuhkan semir sepatu yang bisa dibeli hampir di setiap toko kelontong.

Sepatu Wanita Suede Perlu Pengamanan Dini

Pada saat Anda pertama kali membeli sepatu suede, sangat dianjurkan untuk sekaligus melengkapi dengan membeli suede protector, sikat khusus untuk suede dan suede cleaner di toko yang sama sambil Anda minta penjelasan singkat tentang cara pemakaiannya. Hal ini agar tidak menunda membeli perangkat perawatan suede, sehingga jika sepatu suede terkena kotoran maka bisa langsung dibersihkan.

Sepatu Wanita Suede
Banyak pilihan ditawarkan oleh produsen suede clener dan suede protector

Sebelum memakai sepatu suede baru Anda, semprotkan suede protector ke seluruh permukaan sepatu suede. Tindakan ini tidak bisa mencegah kotoran menempel di sepatu suede, tetapi setidaknya jika terkena kotoran tidak berakibat fatal sehingga akan lebih mudah untuk membersihkannya. Selanjutnya gunakan protector tersebut setiap kali selesai membersihkan sepatu suede.

Cara merawat sepatu suede 

Tindakan paling baik dalam merawat sepatu dari bahan suede adalah mencegahnya dari kemungkinan terkena kotoran. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih untuk tidak menggunakan sepatu suede pada setiap kesempatan. Gunakan hanya pada acara atau kegiatan yang tidak memungkinkan sepatu suede terkena kotoran atau noda. Bagi Anda yang terbiasa tampil fashioned, tentu sudah sangat paham untuk memilih gaun dan waktu yang tepat.

Setiap kali selesai menggunakan sepatu suede, bersihkan solnya dari kotoran yang menempel, angin-anginkan sebentar di tempat terbuka agar bagian dalam sepatu benar-benar kering dari keringat kaki. Bagian dalam sepatu yang lembab akibat terkena keringat selain akan menimbulkan bau tak sedap juga menjadi media untuk tumbuhnya jamur yang bisa berakibat melemahkan struktur jaringan material sepatu.

Simpan di rak sepatu, sebaiknya diberi pelindung dari plastik transparan untuk mencegah masuknya debu dan pastikan sudah dalam keadaan yang benar-benar kering. Letakkan posisi rak sepatu tidak menempel langsung ke dinding agar terdapat celah lebih luas untuk sirkulasi udara, dengan demikian kemungkinan terjadi kelembapan bisa dikurangi.

Menjelang musim hujan siapkan sepatu suede untuk penyimpanan yang aman dalam jangka waktu lama.  Sebelumnya, pastikan sepatu suede benar-benar dalam keadaan kering, masukkan kertas karton yang digulung untuk menjaga agar bentuknya tidak saling terhimpit ketika dimasukkan dalam kotak. Akan lebih baik jika dalam kotak juga dimasukkan silica gel untuk menyerap kelembapan dan kamper untuk mencegah bau dan kemungkinan masuknya serangga ke dalam sepatu.

Bagaimana cara membersihkan sepatu suede ?

Untuk membersihkan kotoran yang menempel, gunakan sikat khusus suede dengan cara menyikat pelan-pelan. Jika sejak awal Anda sudah menyemprotkan suede protector, maka sebenarnya kotoran tersebut tidak menempel langsung pada serabut suede, melainkan menempel pada lapisan protector. Meskipun demikian, gunakan sikat secara hati-hati. Jangan terlalu menekan seperti menyikat sepatu kulit biasa, kerena tindakan itu akan membuat serabutnya ikut tersikat, akibatnya di bagian tersebut bisa menjadi gundul.

Jika terdapat permukaan suede dengan warna yang tidak rata, untuk membuatnya rata kembali beri sedikit air di sekitar bagian tadi dengan cara menempelkan tissue yang sudah dilembabkan (bukan dibasahi !) dengan sedikit air. Lalu sikat pelahan-lahan dengan gerakan satu arah yang disesuaikan dengan arah serabut. Prinsipnya adalah “memindahkan” bagian berwarna ke bagian permukaan yang tidak rata.

Untuk mengeringkannya, taruh di tempat yang terkena angin atau gunakan kipas angin. Jangan sekali-sekali mengeringkan suede dengan cara menjemurnya di bawah  panas matahari  secara langsung. Tindakan ini bisa membuat warna sepatu suede menjadi pudar alias belang. Karena itu, pertimbangkan baik-baik sebelum membeli sepatu suede, baik secara online maupuin offline. Beli secara lengkap dengan perangkat perawatannya dan sekaligus pastikan Anda akan rajin untuk merawatnya.


Artikel Terkait :
Mengenal Jenis Kulit Bahan Sepatu Wanita
Mengenal Jenis Bahan Untuk Sepatu Wanita
Apa Yang Dimaksud Suede Leather ?
Apa Itu Nubuck Leather, Apa Sejenis Suede ?
Perawatan Sepatu Nubuck Mirip Suede
Apa Perbedaan Suede Dan Nubuck ?
Apa Perbedaan Antara Suede Dan Beludru ?
Bagaimana Cara Membersihkan Sepatu Beludru ?

1 komentar:

Mamid mengatakan...

terimakasih atas semua tipsnya, sangat membantu sekli