Perbedaan Suede Dan Nubuck

Perbedaan Suede Dan Nubuck

Perbedaan Suede Dan Nubuck


Perbedaan antara Suede dan Nubuck memang sulit diketahui oleh orang awam, selain karena Suede lebih dikenal dari pada Nubuck juga secara visual keduanya memiliki penampilan yang nyaris tidak berbeda.

Perbedaan Suede dan Nubuck terletak  pada perbedaan lapisan kulit yang digunakan, meskipuin kemudian diproses dengan cara yang hampir sama tetapi hasil akhirnyqa berbesa.  Suede memiliki penampilan dengan serabut yang lebih besar, lebih panjang dan dan lebih kasar, sementara Nubuck memiliki serabut yang lebih halus dan terkesan rata.

Karena karakteristik Suede tersebut maka perbedaan antara serabut-serabut yang tegak dan yang rebah terkena tekanan atau gesekan pada permukaan kulit Suede menjadi lebih luas. Akibatnya, jika diterpa sinar yang terang akan menimbulkan efek lebih banyak kilauan pada permukaan sepatu wanita yang berbahan Suede. Efek ini berbeda dengan permukaann Nubuck yang berserabut lebih pendek dan tebal.

Apalagi perbedaan antara Suede dan Nubuck ?

Suede atau Nubuck bisa dibuat dari kulit sapi, kambing, domba atau kulit rusa. Tetapi pada umumnya dibuat dari kulit sapi mengingat daging sapi menjadi konsumsi masyarakat sehari-hari,  persediaannya pun cukup banyak, ukurannya lebih lebar dan kesinambungan pasokannya untuk industri penyamakan kulit juga lebih terjamin.

Selembar kulit sapi terdiri dari beberapa lapisan, Suede diambil dari kulit lapisan dalam yang diproses melalui penyamakan kemudian diampelas dan disikat untuk memisahkan serabut-serabut dengan bagian lain sampai serabut atau bulu-bulu halus pada permukaan kulit tersebut akan muncul dan berdiri. Selanjutnya dilakukan proses pewarnaan sesuai dengan warna yang dikehendaki.

Sedangkan Nubuck dibuat dari lapisan kulit di bagian luar. Pada prinsipnya proses pengolahan Nubuck tidak berbeda dengan Suede, yakni permukaan kulit diampelas kemudian disikat agar serabut atau bulu-bulu halus muncul ke permukaan. Bedanya, serabut yang dihasilkan lebih halus dan rapat, kulit Nubuck yang dihasilkan dari kulit bagian luar ini juga lebih tebal.

Perbedaan keduanya yang dihasilkan dari proses dengan tingkat kesulitan yang berbeda juga menghasilkan perbedaan harga. Nubuck dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Suede. Dalam hal perawatan, untuk membersihkan kotoran pada permukaan Suede tidak boleh disikat dengan menekan terlalu keras karena bisa mengakibatkan serabut rontok dan permukaan Suede menjadi gundul. Sebaliknya, dalam perawatan sepatu Nubuck untuk menyikat kotoran di permukaan dengan tekanan setara yang dilakukan pada Suede, tidak akan mengakibatkan pengaruh apapun.

Perbedaan Suede Dan Nubuck
Karena memiliki karakter yang sama, cukup satu cleaner dan protector yang sama bisa digunakan untuk perawatan Suede dan Nubuck.

Suede dan Nubuck merupakan jenis kulit yang sangat rentan terhadap kotoran dan noda mengandung minyak. Untuk perawatan kedua jenis kulit ini di pasaran tersedia banyak merk cleaner dan protector, pada umumnya bisa digunakan untuk keduanya. Tetapi ada pula cleaner dan protector yang dijual khusus untuk Suede dan khusus untuk Nubuck.

Dalam pasar sepatu wanita, jenis dan model sepatu yang dirancang dengan menggunakan bahan Suede dianggap sebagai sepatu fashion yang mencerminkan eksklusivitas. Tidak hanya disebabkan harganya yang mahal, tetapi karena perawatannya yang sulit membuat sepatu Suede hanya dimiliki dan dipakai oleh para wanita tertentu. Sementara di kalangan komunitas fashion sendiri, sepatu yang dianggap eksklusif sebenarnya bukan berbahan Suede, tetapi berbahan Nubuck.

Banyaknya peminat terhadap sepatu berbahan Suede yang identik sebagai sepatu eksklusif tersebut membuka celah bagi bahan lain pengganti Suede yang lebih murah, yakni kain Beludru atau Velvet. Karena jenis kain ini diproduksi secara massal oleh pabrik, harganya pun lebih murah. Kecuali penampilannya yang nyaris sama dengan Suede, secara keseluruhan kualitas Beludru  lebih rendah dibandingkan dengan Suede.

Konsumen yang bukan termasuk penyuka sepatu wanita masih sering terkecoh dengan penampilan Beludru. Banyak konsumen masih beranggapan bahwa sepatu Suede itu sama dengan Beludru. Padahal antara Suede dengan Beludru atau Velvet memiliki perbedaan yang amat besar, Suede dibuat dari kulit hewan sedangkan Beludru dibuat dari kain.

Daya tarik Suede juga mengakibatkan kalangan industri tekstil sintetis untuk ikut-ikutan memproduksi jenis kulit bahan sepatu yang eksklusif tersebut dari  microfiber. Penampilannya juga sama persis seperti Suede, ditunjang dengan percepatan perkembangan teknologi, produk microfiber mutakhir mampu menghasilkan Suede sintetis dengan harga yang lebih murah dan lebih banyak keunggulan. Produk microfiber ini biasa disebut Beludru Taiwan bisa digunakan sebagai bahan eksklusif untuk membuat sepatu wanita murah.

Perbedaan Suede Dan Nubuck
Karena Nubuck sudah punya kelas tersendiri, kompetitor Suede adalah Beludru atau Velvet dan Suede Sintetis dari microfiber

Pada garis besarnya “kompetitor” Suede di pasar sepatu wanita terdiri dari Nubuck, Beludru dan Suede sintetis. Nubuck bisa disisihkan karena merupakan produk dari bahan baku yang sama, sejak memasuki proses produksi kelasnya memang berbeda dengan Suede. Jadi “kompetitor” yang sesungguhnya tinggal Beludru dan Suede sintetis yang penampilannya akan semakin sempurna sejalan dengan penerapan terknologi yang terus berkembang.

Apakah Suede akan tersisih ? Justru sebaliknya, semakin banyaknya kehadiran produk sintetis akan mengangkat martabat produk asli ke posisi yang lebih terhormat, lebih mahal dan original. Sepatu wanita yang menggunakan bahan Suede tidak lagi hanya “dianggap” eksklusif, tetapi memang benar-benar menjadi sepatu wanita eksklusif.


Artikel Terkait :
Mengenal Jenis Bahan Untuk Sepatu Wanita
Mengenal Jenis Kulit Bahan Sepatu Wanita
Apa Yang Dimaksud Suede Leather ?
Sepatu Wanita Suede Perlu Perawatan Khusus
Apa Itu Nubuck Leather, Apa Sejenis Suede ?
Perawatan Sepatu Nubuck Mirip Suede
Apa Perbedaan Antara Suede Dan Beludru ?
Bagaimana Cara Membersihkan Sepatu Beludru ?