Sepatu Platform Atau Platform Shoes

Sepatu Platform Atau Platform Shoes

Sepatu Platform Atau Platform Shoes


Sepatu Platform atau Platform Shoes merupakan salah satu style dalam desain sepatu wanita, efeknya bisa membuat penggunanya menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan memakai Stiletto atau Cone high heels.

Sepatu Platform yang biasa juga disebut sebagai Platform Shoes adalah salah satu style di dunia fashion yang perkembangannya membutuhkan waktu ratusan tahun sebelum menjadi Platform Shoes seperti yang sekarang. Dalam kurun waktu yang panjang tersebut platform pernah hadir dengan beragam bentuk sesuai dengan tuntutan jaman dan dengan bahan sesuai tingkat perkembangan teknologi.

Platform dipilih dan dipakai karena penggunanya bisa memperoleh efek tinggi melebihi sepatu model Stiletto atau Cone high heels. Selain itu, jika diinginkan perbandingan ketinggian antara tumit dengan ujung jari kaki bisa dirancang tidak terlalu ekstrim, agar tidak mengakibatkan rasa sakit. Sehingga bisa memberikan lebih banyak kenyamanan untuk penggunanya. 

Apa pengertian sepatu platform dan bagaimana aplikasinya pada sepatu wanita ?

Definisi Sepatu Platform

Didefinisikan secara umum menurut fashion sepatu wanita, platform adalah alas kaki (bisa dalam bentuk sandal atau sepatu) yang memiliki dasar atau landasan (kemudian disebut dengan istilah Sole atau Sol) berukuran tinggi atau tebal. Platform bisa digunakan untuk sandal atau sepatu jenis hak datar atau hak tinggi. Efeknya, pengguna sandal atau sepatu platform akan menjadi lebih tinggi sesuai ukuran platform yang digunakan.

Sepatu Platform Atau Platform Shoes
Penampilan platform dalam berbagai model modern dan tradisional


Pengertian Sepatu Platform

Karena efek Platform bisa menambah tinggi badan penggunanya, maka pengertian Platform cenderung menjadi bias dengan sepatu hak tinggi atau high heels, sehingga orang sering mengasosiasikan platform sebagai salah satu style dari high heels. Pada prinsipnya sepatu hak tinggi menambah ketinggian badan Anda dengan cara “memaksa” Anda untuk berdiri dan berjalan dengan meninggikan tumit atau berjingkit (Bhs. Jawa: Jinjit). Efek tinggi yang Anda peroleh tergantung kepada seberapa tinggi Anda mampu menahan sakit untuk berdiri dan berjalan dengan cara berjingkit.

Sedangkan platform bisa memberikan efek tinggi tanpa Anda harus berjingkit, yakni jika digunakan pada sepatu flat. Anda bisa menambah tinggi badan sesuai keinginan Anda tanpa harus berdiri dan berjalan dengan selalu meninggikan tumit. Style ini memang tidak membuat kaki pengguna flat platform merasa sakit, tetapi secara jujur harus diakui bahwa sepatu flat dengan desain seperti itu jauh dari menarik, apalagi cantik.

Sepatu Platform Atau Platform Shoes
Ukuran high heels yang tinggi bisa lebih tinggi berkat platform.


Aplikasi Platform pada High Heels

Jika platform diterapkan pada high heels, maka efek tinggi yang sebelumnya sudah diperoleh akan menjadi bertambah sesuai dengan ketinggian platform tersebut. Tentu saja penambahan platform hanya pada bagian depan high heels, sedangkan tinggi heels mengikuti tinggi platform dengan cara menyesuaikan ukuran platform yang digunakan. Tidak bisa dipungkiri, resikonya pun menjadi semakin tinggi karena tingkat kestabilannya menjadi makin rendah.

Kecuali jika platform digunakan pada high heels dengan model Chunky atau Block Heels yang bertumit besar dan tebal, Bahkan untuk mereka yang sudah terbiasa menggunakan Stiletto atau Cone High Heels sangat mungkin resikonya menjadi nol. Barangkali karena itu pula itu model Chunky Heels menjadi alternatif Stiletto atau Cone High Hells yang paling layak. Artinya, memang tidak secantik Stiletto High Heels tetapi juga tidak seburuk Flat Platform.

Sepatu Platform Atau Platform Shoes
Platform banyak diaplikasikan pada berbagai model high heels, karena disukai para pengguna high heels yang masih ingin lebih tinggi lagi.


Tags : sepatu-platform-atau-platform-shoes


Tidak ada komentar: