Membersihkan Sepatu Beludru

Cara Membersihkan Sepatu Beludru

Bagaimana Cara Membersihkan Sepatu Beludru?


Cara membersihkan sepatu beludru yang kotor, mencuci dan merawatnya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Tetapi perlu lebih dulu membaca tips ini.


Bagaimana cara membersihkan sepatu wanita yang berbahan beludru ? Banyak pemilik sepatu beludru yang mencari informasi tersebut setelah sepatu beludru pertamanya terkena kotoran dan di saat akan membersihkannya. Beludru tidak bisa diperlakukan seperti halnya membersihkan sepatu dari bahan kulit, karena bukan terbuat dari kulit. Beludru juga tidak bisa dibersihkan dengan cara seperti mencuci baju, meskipun bahan dasarnya sama seperti kain sutra.

Beludru yang juga dikenal dengan istilah kain Velvet pada awalnya dibuat dari serat sutra, karena permintaan meningkat dan bahan baku yang dihasilkan oleh ulat sutra terbatas, akhirnya banyak yang mengkombinasikan dengan 20 persen sutra selebihnya menggunakan rayon dan katun. Sebagai bahan yang dianggap mewah sejak abad 14, beludru memang membutuhkan perlakuan secara khusus.

Lalu bagaimana cara untuk merawat, menyimpan dan membersihkan sepatu beludru ?

Perawatan sepatu yang terbuat dari bahan beludru memerlukan kehati-hatian dan kecermatan. Sama halnya seperti merawat sepatu dari bahan suede, yang lebih halus lagi adalah nubuck. Ketiga bahan tersebut sangat rentan terhadap kotoran, karena itu langkah paling bijak adalah mencegah sepatu beludru dari kemungkinan terkena noda kotoran dengan tidak memakainya secara sembarangan. Pilihlah kesempatan dan waktu yang sesuai untuk memakai sepatu beludru.

Untuk perawatan sepatu beludru sebenarnya tidak terlalu sulit asal dibiasakan untuk membersihkannya setiap kali habis dipakai. Jika tidak terkena kotoran berat, misalnya percikan minyak atau lumpur, maka hanya perlu disikat dengan sikat khusus untuk suede, nubuck atau beludru yang dijual di toko sepatu. Lakukan pelan-pelan, jangan sampai ditekan seperti menyikat sepatu kulit. Sapukan sikat  hanya ke satu arah. Lebih efektif jika dilakukan dengan menggunakan vacum cleaner.

Cara menyimpan sepatu beludru

Seandainya tidak disimpan untuk jangka waktu lama dan akan digunakan beberapa hari lagi, sebaiknya sebelum ditaruh di rak sepatu, lebih dulu dibungkus plastik untuk menghindari debu, karena beludru sangat peka terhadap debu. Masalah yang sering terjadi adalah menumpuknya debu yang tidak disadari, sehingga dalam jangka waktu lama akan membuat sepatu beludru menjadi kusam. Di saat itu, debu yang menumpuk tersebut akan menjadi lebih sulit untuk dibersihkan.

Jika hendak disimpan untuk jangka waktu lama, setelah sepatu benar-benar bersih dan kering, masukkan gulungan koran atau kertas karton dalam sepatu untuk menjaga agar bentuknya tidak sampai penyok-penyok karena saling terhimpit saat disimpan dalam kotak. Lebih baik lagi jika dalam kotak dimasukkan silica gel untuk menyerap kelembapan. Sedangkan untuk mencegah bau dan agar tidak dimasuki serangga, masukkan pula kamfer.

Cara membersihkan sepatu beludru yang kotor

Jika sepatu beludru terkena kotoran, misalnya yang paling sering adalah tanah menempel dan sudah mengering. Jangan langsung dibersihkan menggunakan air, tetapi sikat pelan-pelan dengan sikat gigi bekas sampai kotoran hilang atau sedikitnya berkurang. Lalu ulangi lagi dengan sikat khusus. Jika terkena noda berminyak, serap dengan tissue kering, jangan dilap secara keras. Ulangi beberapa kali sampai noda minyak benar-benar tidak bisa lagi terserap.

Setelah itu disikat dengan menggunakan sikat yang dibasahi air sabun. Caranya, aduk sedikit sabun colek atau sabun deterjen dengan air pada tempat seukuran gayung sampai membusa. Busa-busa yang naik ke atas itulah yang harus Anda ambil untuk membasahi sikat, atau lebih tepatnya melembabkan sikat yang digunakan untuk mengusap sisa-sisa kotoran di atas permukaan beludru sampai bersih. Khusus untuk noda minyak gunakan air hangat untuk mencampur sabun. Karena air hangat akan lebih mudah untuk menetralisir minyak.

Cara Membersihkan Sepatu Beludru


Jangan sekali-sekali membersihkan sepatu beludru dengan cara membasahinya dengan air atau menggunakan tissue basah. Tapi gunakan tissue kering atau lap yang dilembabkan dengan menggunakan busa sabun. Membersihkan permukaan beludru dengan cara membasahi air atau air sabun selain untuk mengeringkannya membutuhkan waktu yang lama, jika kualitas beludru kurang baik akan berakibat belang sehingga di bagian tersebut warnanya akan nampak berbeda.

Jika terlanjur basah, segera setelah air bisa diserap habis dengan tissue atau lap kering, sikatlah pelan-pelan dengan gerakan melingkar dan sedikit demi sedikit geserkan gerakan tersebut ke ke bagian yang kering. Tujuannya adalah “membagi” bagian yang lembap tadi dengan bagian yang masih kering. Sehingga jika warnanya luntur, maka perbedaan warna itu tidak akan nampak secara jelas.

Sepatu yang dirancang dengan menggunakan bahan beludru dimaksudkan sebagai sepatu fashion. Karena itu pemakaiannya harus dipadukan dengan busana yang sesuai dan digunakan hanya pada moment tertentu. Sepatu ini tidak digunakan sebagai alas kaki sehari-hari, meskipun pada dasarnya memiliki konstruksi yang kuat, tetapi permukaannya sangat rentan terhadap kotoran.

Jika Anda seorang penyuka sepatu, maka target Anda adalah menjaga penampilan sepatu beludru Anda persis seperti saat Anda baru membeli dan menggunakannya untuk yang pertama kali. Perawatan yang kurang intensif atau ceroboh pada saat membersihkannya, bisa mengakibatkan sebagian permukaannya mengalami kerusakan dan mempengaruhi penampilannya secara keseluruhan.

Akibatnya, kondisi sepatu tersebut juga akan menimbulkan pengaruh psikologis. Anda akan merasa “kurang percaya diri’ untuk memakainya, sehingga menjadi enggan, bahkan tidak mau memakainya lagi. Atau jika memakainya, Anda akan memperlakukannya secara sembarangan. Dampaknya, kerusakan akan semakin meluas dan dalam waktu singkat Anda akan melemparkannya ke kolong rak sepatu.

Model boots yang memiliki permukaan luas, sangat rentan terhadap kotoran. Tetapi di sisi lain juga sangat signifikan untuk mengubah penampilan pemakainya, apalagi jika dirancang dalam model sepatu hak tinggi. Sebaliknya, beludru yang digunakan untuk jenis dan model sepatu yang memiliki upper terbatas, misalnya loafers, slipper atau sandal memiliki permukaan terbatas untuk terkena noda kotoran, tetapi eksklusifitas beludru yang digunakan tersebut tidak memberikan efek signifikan terhadap pemakainya.

Pada prinsipnya sepatu fashion yang berbahan beludru, suede atau nubuck akan berfungsi efektif apabila disertai dengan penyesuaian wawasan fashion dan sikap mental yang positif dari pemiliknya. Kondisi sepatu tersebut akan selalu terawat dengan baik, sehingga bisa tetap berada dalam kondisi prima sampai mencapai usia lebih dari 5 tahun. Maka selama itu pula akan selalu mendukung Anda untuk berpenampilan secara prima.

Tags : cara-membersihkan-sepatu-beludru




Referensi :
en.wikipedia.org
www.ehow.com


Artikel Terkait :
Mengenal Jenis Bahan Untuk Sepatu Wanita
Mengenal Jenis Kulit Bahan Sepatu Wanita
Apa Yang Dimaksud Suede Leather ?
Sepatu Wanita Suede Perlu Perawatan Khusus
Apa Itu Nubuck Leather, Apa Sejenis Suede ?
Perawatan Sepatu Nubuck Mirip Suede
Apa Perbedaan Suede Dan Nubuck ?
Apa Perbedaan Antara Suede Dan Beludru ?
Tips: Cara Menyimpan Sepatu Wanita

Tidak ada komentar: