Sepatu Wanita Hak Rendah Kitten Heels

Sepatu Wanita Hak Rendah Kitten Heels

Model Sepatu Wanita Hak Rendah Terpopuler
Adalah Kitten Heels


Kitten Heels adalah model sepatu wanita dengan hak rendah yang didesain untuk mereka yang kelak akan memakai sepatu hak tinggi.


Meskipun termasuk jenis high heels, Kitten Heels berada dalam kelompok low heels yang memiliki hak paling rendah. Tetapi paling tinggi jika dibandingkan dengan semua sepatu jenis flat dengan model yang menggunakan hak. Top heels-nya memang didesain dengan diameter sama dengan high heels, agar penggunanya terbiasa berjalan sambil mengendalikan keseimbangan.

Seperti model sepatu lainnya yang tidak terlepas dari tuntutan fashion, Kitten Heels mengalami masa booming, kemudian tenggelam beberapa tahun, lalu muncul lagi. Begitu terjadi beberapa kali sejak sepatu wanita ini diperkenalkan pada tahun 1950-an. Uniknya, meskipun cukup populer Kitten Heels dianggap bukan sebagai sepatu fashion.

Mengapa demikian dan bagaimana perkembangannya hingga saat ini  ?

Awalnya Kitten Heels lebih banyak dipakai oleh anak-anak perempuan sampai usia menjelang remaja, agar mereka terbiasa memakai sepatu yang memiliki hak meski ukuran lebih pendek, sebelum memakai sepatu dengan ukuran hak yang lebih tinggi atau high heels seperti yang dipakai oleh para ibu mereka.

Di awal tahun 1950 sepatu wanita hak tinggi atau high heels menjadi sepatu fashion yang sangat populer, semua wanita ingin memakainya agar tidak dianggap ketinggalan jaman. Termasuk para gadis yang belum cukup umur, kehadiran Kitten Heels dengan desain persis high heels tapi berhak pendek itu menjadi solusi.

Karenanya, Kitten Heels di masa itu juga disebut “Trainer Heels”, artinya sepatu untuk berlatih para gadis remaja agar lebih dulu bisa menguasai keseimbangan dengan memakai sepatu hak rendah. Nantinya menjelang dewasa mereka tidak akan mengalamin kesulitan apabila  beralih menggunakan sepatu hak sedang dan akhirnya ke model sepatu dengan hak tinggi

Saat itu ukuran hak Kitten Heels paling tinggi 2 inci atau sekitar 5,08 Cm. Batas ketinggian ini dianggap aman untuk remaja yang kadang-kadang masih menunjukkan perilaku kekanak-kanakan seperti saling kejar, berlarian atau melompat-lompat. Kitten Heels memiliki fungsi  sebagai sepatu yang mengantarkan gadis-gadis ke usia yang pantas untuk memakai High Heels.

Meskipun tidak ditemukan literatur yang menjelaskan mengapa sepatu hak rendah yang populer di tahun 1950-an ini disebut sebagai Kitten Heels.  Tetapi bisa diperkirakan berdasarkan arti Kitten adalah anak kucing, hak rendah tersebut diibaratkan sebagai kaki anak kucing yang belum bisa menapakkan kaki ke tanah secara kokoh, berbeda dengan kaki kucing dewasa yang secara ekstrim bisa digunakan untuk memanjat pohon.

Sepatu Wanita Hak Rendah Kitten Heels

Kitten Heels dengan desain tradisionalnya yang bertahan sampai sekarang memang terkesan sebagai Cone High Heels dengan hak yang diperpendek. Kesannya sebagai “Trainer Heels” mengalahkan aspek fashionnya. Tetapi apabila dengan ukuran hak dan luas top heels yang sama dimodifikasikan kedalam desain yang berbeda, Kitten Heels bisa tampil lebih fashioned.

Sampai akhir tahun 1950-an Kitten Heels dengan desain yang tradisional dari bahan kulit berwarna hitam dengan tinggi hak rata-rata antara 3,5 - 4,75 Cm tersebut tidak saja berhasil menguasai pasar sepatu di Amerika, tetapi meluas sampai ke Eropa. Trend memakai Kitten Heels semakin menguat ketika di tahun 1954 Audrey Hepburn ikut mempopulerkannya melalui film Sabrina yang memperoleh penghargaan sebagai film terbaik di Amerika.

Sepatu Wanita Hak Rendah Kitten Heels

Dalam sejarah Low Heels, selain Kitten Heels model sepatu wanita yang mendominasi “wilayah” sepatu wanita hak rendah ini adalah Spool Heels. Hanya saja desain Spool Heels dengan top heels yang lebih luas untuk tujuan meningkatkan stabilitas mengesankan bahwa model ini memang disediakan untuk “wilayah” hak rendah. Bukan sebagai “trainer heels”

Dibandingkan dengan penampilan model dan style Low Heels lainnya, perbedaan hak Spool Heels tidak begitu nampak. Tetapi model Spool dalam versi High Heels akan nampak berbeda dan lebih anggun. Anehnya, model ini kurang diminati meskipun memiliki stabilitas yang lebih tinggi karena top heelsnya lebih lebar untuk menjamin keamanan penggunanya.

Dalam perkembangan fashion saat ini dimana para desainer bisa lebih mudah menuangkan kreativitas mereka dengan bantuan program komputer dan berbagai jenis bahan sepatu bisa tersedia lebih beragam berkat kemajuan teknologi, membuat hampir semua model dan style sepatu wanita hak rendah menjadi lebih fashioned.

Sepatu Wanita Hak Rendah Kitten Heels
Kitten Heels masa kini yang tampil dengan berbagai sentuhan model dan style.

Meskipun demikian, Kitten Heels versi tradisional yang dirancang dan sempat berjaya di tahun 1950-an masih sering terlihat di berbagai tempat. Bukan lagi dipakai oleh para remaja, melainkan oleh para wanita dewasa. Kitten Heels bukan lagi menjadi trainer heels, melainkan menjadi kelengkapan busana wanita yang bisa memberikan sentuhan feminin, dewasa dan terhormat.


Referensi :
www.wisegeek com
www.shoeshistoryfacts com

Tidak ada komentar: