Sepatu Wanita Model Kitten Heels

Sepatu Wanita Model Kitten Heels

Kitten Heels Sepatu Para First Lady


Kitten Heels adalah model sepatu wanita satu-satunya yang popularitasnya diangkat kembali oleh para first lady setelah mengalami masa-masa surut.


Dihadirkan sebagai “trainer heels” untuk para gadis yang ingin memakai high heels tapi belum cukup umur, membuat Kitten Heels tidak dipandang sebagai sepatu fashion. Padahal Kitten Heels memiliki model dan style seperti Stiletto High Heels. Hanya bedanya Kitten Heels memiliki hak lebih rendah.

Di tahun 1950-an hampir setiap gadis memakai sepatu model Kitten Heels dengan style tradisional yang penampilannya bercirikan dengan heels rendah, dibuat dari bahan kulit berwarna hitam dan memiliki hak dengan ketinggian maksimum 4,75 Cm. Di masa itu, keberadaan Kitten Heels dipandang hanya dari aspek fungsinya.

Mengapa jika dulu aspek fashionnya diabaikan, kini Kitten Heels dengan style yang sama menjadi sepatu para First Lady ?

Sikap orang terhadap Kitten Heels berubah sejak model sepatu tersebut dipakai oleh Audrey Hepburn, Aktris Hollywood dalam beberapa filmnya. Salah satu film, “Sabrina” berhasil meraih penghargaan sebagai film terbaik di tahun 1954. Sejak saat itu popularitas kitten Heels sebagai sepatu fashion mulai terangkat.

Tetapi seperti umumnya produk fashion yang mengalami masa pasang surut, popularitas Kitten Heels mulai pudar menjelang akhir tahun 1960. Selain konsumen sudah mencapai titik jenuh, masuknya sepatu dengan model dan style yang lebih baru menjadi faktor penyebab menurunnya popularitas Kitten Hells.

Tidak memerlukan waktu yang terlalu lama, setahun kemudian popularitas Kitten Heels mulai kembali berkibar bersamaan dengan terpilihnya John F. Kennedy menjadi Presiden AS pada tahun 1961. Saat memasuki Gedung Putih bersama isterinya, Lee Bouvier Kennedy yang kemudian lebih dikenal dengan nama Jackie Kennedy, First Lady AS itu mengenakan sepatu model Kitten Heels.

Tak hanya di saat penting tersebut, ternyata dalam setiap kegiatan kenegaraan sepatu yang dipakai sang First Lady selalu Kitten Heels. Maka hukum dunia mode pun berlaku, banyak wanita AS mulai kembali tertarik untuk menggunakan sepatu hak rendah Kitten Heels seperti ibu negara mereka. Kitten Heels pun mulai memasuki masa popularitasnya yang kedua.

Masa itu tidak terlalu lama, popularitas Kitten Heels mulai pudar bersamaan dengan terbunuhnya Presiden Kennedy pada tahun 1963. Karena sejak itu penampilan fashioned Jackie Kennedy tidak pernah lagi nampak, karena sudah tidak pernah menjadi pemberitaan publik. Popularitas Kittten Heels pelahan-lahan ikut menjadi surut.

Meskipun kemudian dalam kurun waktu yang cukup lama Kitten Heels kehilangan popularitasnya, tetapi banyak wanita terutama kalangan karyawan yasng menggunakan Kitten Heels. Jenis haknya yang termasuk rendah tetapi tidak datar dan tidak terlalu tinggi memberikan kenyamanan untuk dipakai di setiap kesempatan.

Paling tidak, keberadaan Kitten Heels selama kurun waktu tersebut tidak diidentikkan lagi sebagai trainer heels. Justru fungsi tersebut menjadi salah satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh sepatu fashion lainnya. Sampai saat ini untuk para wanita yang ingin memakai High Heels selalu disarankan agar lebih dulu membiasakan diri memakai sepatu dengan hak yang paling rendah, yakni Kitten Heels.

Akhirnya model Kitte Heels kembali mencuat setelah  Barrack Obama terpilih menjadi Presiden AS di tahun 2008. First Lady AS, Michelle Obama ternyata dalam berbagai kegiatan, termasuk kegiatan kenegaraan selalu memakai Kitten Heels. Karena itu semua koleksi sepatu Michelle hanya model Kitten Heels, bedanya terletak pada warna sepatu dan hanya sedikit yang berbeda style.

Kitten Heels menjadi model sepatu wanita yang cukup terhormat, dari posisinya semula yang mendapat sebutan “Trainer Heels”, kemudian diposisikan sebagai sepatu fashion oleh Audrey Hepburn. Selanjutnya dipopulerkan oleh dua First Lady negara besar di era yang berbeda. Kenyataan tersebut memberikan pengaruh yang besar terhadap keberadaan Kitten Heels.

Uniknya, meskipun masing-masing First Lady tersebut memiliki beberapa style Kitten Heels, pilihan yang sering dipakai untuk acara kenegaraan adalah Kitten Heels dengan style tradisional yang dirancang pada tahun 1950-an. Desain yang ringkas, berbahan kulit warna hitam dengan heels yang mengadopsi milik Stiletto dalam bentuk pendek, nampaknya bisa memberi kesan resmi.

Sepatu Wanita Model Kitten Heels
Kitten Heels dengan desain yang sama dipakai oleh dua First Lady AS dari masa yang berbeda, Jackie Kennedy dan Michelle Obama.

Di luar kalangan fashion mungkin kurang mengetahui bahwa Kitten Heels adalah model sepatu wanita yang menjadi pilihan banyak first lady, bukan hanya dari AS, tetapi para ibu negara lain. Fakta itu terungkap ketika mencermati kunjungan Michelle Obama ke beberapa negara, setiap ibu negara juga memakai Kitten Heels. Seperti saat berkunjung ke Chili, sang Ibu Negara Cecilia Morel mendampingi Michelle dengan menggunakan Kitten Heels.

Sepatu Wanita Model Kitten Heels
Michelle Obama didampingi Cecilia Morel, Keduanya memakai Kitten Heels.

Saat berkunjung ke Inggris, setelah usai acara kenegaraan Michelle Obama sempat bertemu dan berbincang dengan Catherine, Duchess of Cambridge yang lebih populer dengan nama Kate Middleton. Kesamaan antara keduanya yang nampak nyata adalah mereka memakai jenis sepatu dengan model yang sama, yakni Kitten Heels. Hanya saja milik Michelle diaplikasi dengan style slingback

Sepatu Wanita Model Kitten Heels
Saat Michelle Obama berbincang dengan Catherine, Duchess of Cambridge atau Kate Middleton, mereka memakai Kitten Heels.

Dalam kunjungannya ke Paris, Perancis, yang terkenal sebagai pusat fashion dunia disamping Milan, London dan New York, Michelle Obama disambut oleh First Lady Prancis Carla Bruni-Sarkozy. Saat mereka berjalan berdampingan melewati pasukan kehormatan, nampak dengan jelas Michele Obama memakai Kitten Heels dengan style d’Orsay, sedangkan Carla memakai Kitten Heels style tradisional.

Sepatu Wanita Model Kitten Heels
Di Perancis, Michele Obama berjalan berdampingan dengan First Lady Prancis Carla Bruni-Sarkozy, keduanya memakai Kitten Heels.

Sepatu Wanita Model Kitten Heels
Michelle Obama bersepatu Kitten Heels, tapi Carla justru memakai sepatu Flat !

Dalam kunjungan di negara yang sama, Perancis, tetapi dalam kesempatan yang berbeda, kedua ibu negara tersebut, yakni Michelle Obama dan Carla Bruni-Sarkozy didaulat untuk foto bersama oleh para wartawan. Dari depan nampak Michelle memakai Kitten Heels tradisional yang terkesan resmi, begitu pula Carla Bruni-Sarkozy.
Tapi jika lebih dicermati, ternyata Carla memakai sepatu Flat yang umumnya diidentikkan sebagai sepatu casual. Jangan keburu menuduhnya tak fashioned, karena sebelum menjadi First Lady Perancis, Carla adalah seorang supermodel.


Referensi & Foto :
Kitten-Heels,Wikipedia
www.simplybe
rebloggingdonk
www.dailymail
www.nydailynews
www.usmagazine
forums.thefashionspot
www.popsugar
onthisdayinfashion

Tidak ada komentar: