Memilih Sepatu Sling Back

Memilih Sepatu Wanita Model Sling Back

Apa Yang Perlu Diperhatikan
Jika Memilih Sepatu Model Sling Back ?


Untuk memilih sepatu model sling back selain perlu mencermati type strapnya juga harus memperhitungkan seberapa tinggi heel yang digunakan dan bagaimana efektivitas konstruksi strap dalam menjangkau pergelangan kaki.


Model sepatu wanita dengan style Sling Back memiliki desain tanpa quarter, atau terbuka di bagian tumit. Sehingga tidak terdapat bagian belakang sepatu untuk “memegang” tumit pengguna. Sebagai gantinya diberi strap mulai dari vamp ke belakang dan melingkari pergelangan kaki, lebar strap tersebut bervariasi. Strap  biasanya disambungkan pada vamp atau langsung pada bagian tengah “ditanamkan” antara sole dengan insole.

Lebar Strap harus didesain tidak terlalu sempit agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan saat digunakan, juga tidak boleh terlalu lebar karena akan memakan banyak ruang untuk tumit dan hal itu bisa mempengaruhi aspek fashionnya. Style Sling Back bisa diaplikasikan pada sepatu atau sandal dan pada alas kaki jenis flat maupun high heels.

Bagaimana cara memilih Sling Back secara tepat ?

Memilih Sepatu Wanita Model Sling Back

Untuk mengatur strap cukup kuat melingkari pergelangan kaki tetapi tetap nyaman bagi pengguna, Sling Back menggunakan sambungan dari material yang bersifat elastis. Dengan demikian strap bisa ditarik agar memberikan ruang yang lebih luas untuk memasukkan kaki ke dalam sepatu. Setelah seluruh bagian kaki masuk ke dalam sepatu, strap akan kembali mengecil dan “mengikat” pergelangan kaki. Type ini biasanya disebut elastic strap.

Jika Anda salah seorang penyuka type elastic strap, disarankan untuk memilih strap dengan sambungan berbahan material yang berkualitas baik, karena elastisitasnya seringkali lebih cepat menurun sehingga kurang nyaman dipakai. Pilih sambungan dengan posisi tepat di pergelangan kaki karena material yang elastis ini lebih lembut dan fleksibel untuk menyesuaikan dengan lekuk pergelangan kaki.

Type kedua disebut buckle strap, yakni pengaturan strap pada pergelangan kaki dengan menggunakan bukle atau gesper. Posisi gesper biasanya terletak di samping untuk memudahkan mengatur pengait gesper pada lubang strap. Jika ukuran yang disediakan tersebut tidak ada yang sesuai, maka bisa dibuatkan lubang baru yang benar-benar pas agar sepatu bisa digunakan dengan nyaman. Pilih strap di bagian belakang yang memiliki posisi sejajar dengan pergelangan kaki, agar strap dapat berfungsi optimal dan tidak menimbulkan rasa tak nyaman.

Memilih Sepatu Wanita Model Sling Back

Gesper bisa terbuat dari berbagai bahan, desain gesper yang meliputi bentuk, warna dan ukurannya meskipun secara teknis memiliki fungsi yang sama baiknya, tetapi mempunyai pengaruh terhadap komposisi penampilan Sling Back secara keseluruhan. Gesper yang berukuran besar dengan warna terlalu mencolok kurang tepat untuk Sling Back yang digunakan pada kesempatan bersifat resmi. Sebaiknya pilih gesper sebesar strap agar sepatu Sling Back Anda bisa digunakan untuk berbagai  kesempatan.

Jenis material yang digunakan untuk strap juga bisa mempengaruhi kenyamanan pengguna sepatu model Sling Back. Pada umumnya strap tersebut dibuat dari bahan yang sama dengan bahan sepatu, jika bahan sepatu dari kulit asli, maka strap akan mampu berfungsi untuk jangka waktu yang lebih lama. Jika bahannya dari kulit sintetis, strap tersebut akan menjadi bagian yang lebih dulu mengalami kerusakan pada sambungan di bagian vamp atau sole tengah. Usahakan untuk tidak terlalu sering menarik strap di bagian belakang sementara kaki depan belum seluruhnya masuk sepatu.

Pada umumnya jenis dan model sepatu dengan style Sling Back yang paling nyaman digunakan adalah untuk ukuran flat sampai batas maksimal Low Heels 6,35 Cm. Lebih tinggi dari ukuran itu, perbandingan posisi antara tumit dengan ujung kaki mulai menjadi terjal. Secara teknis pergelangan kaki yang harus dijangkau oleh strap juga menjadi semakin tinggi dan melebihi sudut 45 derajat. Akibatnya fungsi strap menjadi kurang optimal.

Slingback untuk sepatu Mid Heels membutuhkan desain dan konstruksi strap yang sangat akurat agar dapat melingkari pergelangan kaki secara tepat. Karena idealnya jika menginginkan strap untuk model sepatu Mid Heels, maka style yang paling efektif untuk digunakan adalah Ankle Strap. Style ini dapat berfungsi secara optimal mulai dari jenis mid heels hingga ke sepatu jenis ultra high heels.

Memilih Sepatu Wanita Model Sling Back
Beragam jenis dan model sepatu wanita dengan style Sling Back

Pada prinsipnya sepatu Sling Back bisa digunakan untuk kesempatan yang bersifat resmi dan bisa dipakai sebagai sepatu kasual. Sling Back yang didesain terbuka mulai dari bagian tengah telapak kaki sampai ke tumit, lebih cenderung mengesankan sebagai sandal. Karena itu “kurang sopan” jika digunakan untuk kesempatan yang bersifat resmi. Apalagi jika apalagi jika bahan dan warnanya cenderung kontemporer, maka sebaiknya dikategorikan sebagai sepatu casual.

Style Sling Back yang paling tepat digunakan untuk kesempatan resmi merupakan modifikasi dari model Kitten atau Spool dengan desain yang tidak terlalu terbuka, tetapi hanya semata-mata untuk sekedar menampakkan tumit, berbahan kulit asli dan berwarna konservatif, hitam, biru tua atau merah tua. Apabila dipadukan dengan longdress warna gelap akan sangat mendukung penampilan yang elegan.


Referensi :
21st Century Slingback Shoes, illustratedfashionalphabet.wordpress.com

Tidak ada komentar: