Sepatu High Heels Yang Nyaman

Sepatu High Heels Yang Nyaman

Bagian High Heels Yang Perlu Diperhatikan
Agar Bisa Dipakai Dengan Nyaman


Sepatu high heels yang nyaman ditentukan oleh ketepatan dalam memilih model dan akurasi setiap bagiannya terhadap ukuran kaki pemakai.


Jangankan sepatu high heels, sepatu loafers pun kadang-kadang ada yang tidak nyaman ketika digunakan. Karena sepatu yang diproduksi secara massal didasarkan pada ukuran dan type kaki yang bersifat standar. Sedangkan di sisi konsumen, meskipun ukurannya sama, kaki wanita memiliki tipe yang berbeda-beda. Bagian-bagian sepatu yang tidak sinkron dengan bagian kaki ini menjadi penyebab ketidaknyamanan.

Untuk sepatu high heels di kategori Low Heels, banyak model dan style yang bisa dikompromikan dengan bentuk kaki penggunanya. Pada kategori Mid Heels, hanya beberapa model yang bisa dikompromi, termasuk dengan sedikit memodifikasi desainnya. Tetapi kebanyakan untuk kategori High Heels meskipun semua bagian sudah sinkron dengan bentuk kaki, paling sedikit akan selalu tersisa ketidaknyamanan berupa rasa sakit.

Apa bagian-bagian sepatu high heels yang perlu diperhatikan ?

Setiap model dan style sepatu wanita untuk kategori Low Heels, Mid Heels maupun High Heels memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Karena itu pula masing-masing memiliki prioritas pada bagian-bagian tertentu yang perlu untuk diperhatikan secara khusus. Tetapi pada umumnya, tips berikut ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk memilih sepatu high heels yang nyaman.

01. Pastikan dulu, apa tujuan Anda membeli sepatu
Untuk memastikan pilihan, tentukan dulu apa tujuan Anda membeli sepatu. Apakah mengganti sepatu kerja yang sudah mulai usang, atau membeli sepatu untuk persiapan menghadiri reuni bulan depan ? Atau sepatu untuk pelengkap busana santai yang baru Anda beli, atau untuk kepentingan lain.Hal ini sangat penting, karena kaum wanita cenderung berubah pilihan ketika menemukan model sepatu hak tinggi yang cantik, sehingga sering mengabaikan bagian-bagian sepatu yang perlu dicermati agar mendapat sepatu yang tidak mengecewakan.

Untuk pemula perlu diingat bahwa sepatu high heels yang nyaman berkorelasi dengan model dan tinggi heel-nya. Stabilitas dari sepatu hak tinggi yang bertumit runcing sangat kurang karena diameter top heels yang mendukungnya terlalu kecil, hal ini membuat penggunanya merasa kurang nyaman karena tidak bisa melangkah dengan bebas.

Sepatu High Heels Yang Nyaman

Bandingkan dengan Block Heels atau Chunky Heels yang memiliki top heels berukuran lebar, meskipun menggunakan ukuran heels yang tinggi tetapi kestabilannya tetap terpelihara. Pengguna High Heels yang mengutamakan aspek kenyamanan akan memilih Chunky, karena model ini bisa menjadi sepatu wanita hak tinggi yang aman bagi penggunanya, sekaligus sepatu hak tinggi yang cocok untuk wanita gemuk.

02. Pastikan memilih sepatu sesuai Ukuran
Setelah menentukan model sepatu yang ingin Anda beli, pilihlah ukuran yang benar-benar pas. Pumps berujung runcing meskipun diaplikasikan untuk Low Heels bahkan pada sepatu Flat, tetap saja memiliki ruang terbatas untuk ujung jari kaki sehingga cenderung menimbulkan rasa sakit di saat memakainya dan kondisi ini benar-benar mengakibatkan rasa tidak nyaman. Kecuali jika jari-jari kaki Anda termasuk tipe runcing, tetapi kebanyakan  jari-jari kaki wanita tidak memiliki tipe demikian.

Sepatu High Heels Yang Nyaman

Pilihan model terbaik untuk digunakan pada berbagai kesempatan, dari tidak resmi, setengah resmi sampai yang bersifat resmi adalah Close Pump  (bagian ujung sepatu berbentuk labu atau bulat), selain bisa menghindari rasa tak nyaman karena ujung jari kaki yang berhimpitan, juga mengurangi telapak kaki berkeringat. Tetapi jika Anda memaksakan diri untuk memilih ujung sepatu yang berbentuk runcing, karena memang lebih nampak elegan, maka solusinya terdapat dalam artikel ini :  Tips Memilih High Heels Sesuai Bentuk Kaki 

Memastikan bahwa sepatu pilihan Anda sudah sesuai dengan ukuran akan menghindari kemungkinan lecet pada kaki, juga kemungkinan sepatu sering terlepas saat dipakai berjalan karena ukurannya kebesaran. Jika Anda membeli secara offline di toko sepatu, Anda bisa memperoleh pilihan yang tepat, tetapi jika Anda membeli sepatu secara online, ukurlah dulu kaki Anda seakurat mungkin dengan cara menginjakkan telapak kaki pada sehelai kertas, lalu gambar sesuai bentuk kaki, kemudian ukur berapa panjang dari tumit hingga ujung kaki dan berapa lebarnya. Jangan lupa buat perjanjian untuk mengembalikan sepatu tersebut jika ukurannya ternyata tidak sesuai keinginan.

03. Perhatikan bagian-bagian High Heels
Bagian penting yang tidak boleh dilewati adalah mencermati posisi high heels, apakah pangkalnya terletak di bagian belakang, agak ke tengah atau persis di bawah tumit. Sepatu high heels dengan heel di bagian belakang lebih sulit untuk mengendalikan keseimbangan, terutama pemakai high heels pemula. Pilihan terbaik adalah pangkal heel yang terletak persis di bawah tumit.  Selain itu ada pula posisi pangkal heel yang terletak di tengah-tengah sepatu, hal ini juga akan mengakibatkan sulit mengendalikan keseimbangan.

Sepatu High Heels Yang Nyaman

04. Pilih Insole yang lembut
Pilih sepatu dengan konstruksi yang memiliki sole dari bahan yang mampu menyerap beban dari telapak kaki sehingga ketika berjalan kaki tidak langsung terhentak ke lantai. Pastikan pula bahwa insole atau bagian sepatu yang bersentuhan langsung dengan telapak kaki terbuat dari bahan yang lembut dan mampu menyerap keringat. Bagian ini seringkali kurang diperhatikan, efek ketidaknyamanan akan terasa jika sepatu digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama atau berjalan jauh.

05. Pakai dan Coba
Jika semua langkah telah dilakukan, saatnya dipakai dan dicoba untuk berjalan beberapa langkah, apakah bagian dalam sepatu dapat menempel dengan nyaman di seluruh permukaan kaki, apakah jari-jari kaki depan tidak saling berhimpitan atau posisi ibu jari harus terpaksa dibengkokkan. Biasanya ketika mencari sepatu hak tinggi yang lagi trend dan menemukan style yang menarik langsung ingin mencoba dan berharap pas di kaki. Jika kebetulan kurang pas, maka karena rasa ketertarikannya yang besar akan anggapnya pilihan itu sudah sesuai dan langsung dibeli.

Kenyataannya setelah dipakai beberapa kali mulai timbul rasa ketidaknyamanan, ditambah dengan rasa bosan dan anggapan bahwa sepatu yang dibelinya sudah tidak masuk kategori yang lagi ngetrend, maka dilemparlah ke gudang belakang. Tentu saja hal ini menjadi pemborosan anggaran. Bayangkan jika Anda bisa memilih sepatu wanita dengan tepat, selain bisa memberikan kenyamanan juga akan mendukung penampilan Anda untuk jangka waktu yang lebih lama.

Sepatu High Heels Yang Nyaman

06. Lengkapi dengan Gel Cushion
Jika dorongan untuk memiliki sepatu pilihan tak bisa dialihkan, sementara tingkat ketidaknyamanan itu tidak terlalu parah, maka bisa disiasati dengan berbagai gel cushion atau beberapa macam “pengganjal sepatu” yang sesuai. Dengan demikian Anda tetap bisa memakai sepatu pilihan Anda dengan nyaman sambil tetap memelihara kesehatan kaki.

07. Lengkapi dengan perangkat perawatannya
Agar sepatu pilihan yang dibeli selalu nampak baru dan pemakainya akan merasa memiliki passion yang sama seperti saat membelinya, terutama sepatu yang berbahan suede atau nubuck, lengkapi dengan membeli semir yang sewarna dan sikat sepatu tersendiri. Jangan pernah menggunakan sikat sepatu dan lap yang sama untuk beberapa macam warna sepatu yang berbahan kulit asli. Karena akan memudarkan warna sepatu dan sulit untuk mengembalikan ke warna aslinya.


Tidak ada komentar: