Sepatu Wanita Model Sling Back

Sepatu Wanita Model Sling Back

Sepatu Model Sling Back
Hanya Untuk Wanita Bertumit Mulus


Model Sling Back adalah sepatu wanita yang diurancang untuk memperlihatkan tumit yang mulus dan bersih. Karena itu jika kaki Anda “kapalan” jangan pilih style ini. 


Sling Back bukan merupakan model utama, karena pada umumnya sepatu wanita dideskripsikan dengan lebih dulu menyebut model heelnya, lalu jenis heelnya dan biasanya disusul dengan type ujung sepatu. Sling Back adalah salah satu style yang bisa diaplikasikan pada berbagai model sepatu wanita, kecuali model boots atau d’Orsay. Tidak berbeda dengan style lainnya seperti Mary Jane, T-Bar, Ankle Strap, atau Buckle Strap, sepatu wanita dengan model Sling Back juga memiliki penggemar sendiri, khususnya para wanita yang memiliki tumit mulus dan indah.

Dari aspek keamanan, Sling Back memiliki fungsi yang optimal untuk menjaga sepatu agar tidak mudah lepas dari kaki penggunanya saat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Dari aspek kenyamanan, secara relatif akan tergantung pada kecermatan dalam memilih Sling Back secara tepat. Begitu pula pada aspek fashionnya, Sling Back bisa mengurangi nilai penampilan, atau sebaliknya mendukung penampilan secara optimal jika penggunanya memiliki kepekaan fashion dalam mengkombinasikan dengan busana yang dikenakannya.

Apa saja yang perlu diketahui tentang Sling Back ?

Sling Back merupakan style yang bertolak belakang dengan d’Orsay. Sepatu dengan style d’Orsay didesain tanpa vamp sebagian atau seluruhnya, sehingga memperlihatkan lekukan telapak kaki penggunanya. Di bagian tumit tertutup dengan quarter yang cenderung berbentuk mangkuk agar dapat “memegang” tumit  penggunanya secara tepat. Jika d’Orsay memerlukan tambahan untuk memperkuat “pegangannya” maka diaplikasikan dengan Ankle strap.

Sepatu Wanita Model Sling Back

Sling Back justru didesain untuk memperlihatkan tumit penggunanya, bahkan masih ditambah dengan sebagian atau seluruh bagian tengah kaki pengguna. Style yang didesain dengan konstruksi untuk memperlihatkan tumit dan sampai ke bagian tengah kaki biasanya disebut Half Slingback. Sedangkan untuk konstruksi yang memperlihatkan tumit sampai tiga per empat bagian bawah kaki disebut Full Sling Back.

Sepatu Wanita Model Sling Back
Untuk “mengikat” pergelangan kaki, Sling Back menggunakan sambungan strap yang bersifat elastik dan buckle atau gesper.

Karena style Sling Back didesain terbuka di bagian tumit, maka tidak memiliki quarter. Sehingga tidak terdapat bagian belakang sepatu untuk “memegang” tumit pengguna. Sebagai gantinya diberi strap mulai dari vamp ke belakang untuk melingkari pergelangan kaki, pada beberapa varian Sling Back strap ditempelkan ke sol di bagian tengah sepatu.

Lebar strap tersebut bervariasi dan bisa menjadi bagian dari vamp atau sebagai bagian tersendiri, kemudian disatukan dengan cara dijahit pada vamp. Pada umumnya strap didesain dengan ukuran yang relatif tidak terlalu lebar, agar efek fashion untuk memperlihatkan bagian tumit dapat dicapai secara optimal tanpa harus mengurangi kenyamanan pengguna.

Untuk mengatur agar sepatu dengan style Sling Back ini dapat digunakan secara tepat dan nyaman oleh wanita yang memiliki ukuran pergelangan kaki yang berbeda-beda, maka strap harus bersifat fleksibel dan bisa diatur sesuai dengan keinginan masing-masing penggunanya. Pengaturan itu diterapkan melalui penambahan sambungan antara strap dengan material yang bersifat elastis. Sehingga strap bisa ditarik lebih panjang untuk memudahkan memasukkan kaki ke dalam sepatu, saat dilepas lagi akan kembali mengecil dan merapat ke pergelangan kaki pengguna. Tipe ini biasa disebut dengan stretch strap Sling Back, atau istilah lain yang pengertiannya tidak berbeda.

Selain menggunakan strap dengan sambungan berbahan elastis tersebut, sebagian besar style Sling Back menggunakan gesper atau disebut buckle strap. Pengaturan dengan cara ini harus dilakukan dengan cara melepas dan memasang gesper setiap kali melepas dan memakai sepatu. Meskipun kurang praktis, tetapi jika bisa memilih model dan bahan gesper yang tepat sebagai bagian dari penampilan Sling Back, maka pilihan tersebut akan bisa berdampak meningkatkan nilai penampilan.

Kapan Sling Back hadir di dunia fashion ?

Style Sling Back mulai populer di dunia fashion sekitar tahun 1940 meskipun penampilan pertamanya dirilis pada tahun 1920 dibawah label Joseph Horne Co Pittsburgh oleh Herman Delman, perusahaan sepatu fashion di AS yang terkenal di saat itu. Bahkan sampai sekarang produk Delman masih bisa dijumpai di pasar fashion. Delman dikenal sebagai salah satu merk sepatu fashion tertua di AS. 

Sepatu Wanita Model Sling Back


Meskipun tidak ada literatur yang menjelaskan siapa pencipta model Sling Back, tetapi mengingat kehadiran Sling Back pada tahun 1920, sedangkan Herman Delman mendirikan perusahaannya pada tahun 1919. Maka besar kemungkinan Style Slingback didesain oleh Herman Delman sendiri, kemudian dirilis tetapi kalah populer dengan style Mary Jane yang telah lebih dulu mendominasi pasar sepatu sejak tahun 1900-an.

Kehadiran Sling Back di tahun 1920 justru pada saat Mary Jane sedang berada di puncak dominasinya, saat sepatu ini tidak hanya menjadi mode di kalangan wanita, tetapi juga dipakai oleh kaum pria. Popularitas Mary Jane mulai menurun di sekitar tahun 1930-an, ketika para pria mulai beralih untuk menggunakan sepatu bertali dan pantofel.

Cukup beralasan jika pada tahun 1940-an Sling Back mulai bisa diterima oleh pasar fashion. Karena sebelumnya, selain dominasi Mary Jane, di jaman itu style Sling Back dengan tumit terbuka masih sulit diterima karena cenderung dianggap kurang sopan. Di sisi lain, strategi promosi dengan memanfaatkan popularitas selebriti Hollywod yang dikaitkan sebagai ikon untuk sepatu buatannya sudah mulai menuai hasil.

Sepatu Wanita Model Sling Back, Herman Delman

Dalam sejarah perjalanan Herman Delman, banyak sepatu berlabel Delman yang dipakai oleh para selebriti Holywood seperti Marilyn Monroe, Joan Crawford, dan Marlene Dietrich. Karena selain memproduksi sepatu fashion Delman juga menerima model custom, untuk meluncurkan sepatu fashion yang estetik dan berkualitas Delman berkolaborasi dengan para desainer terkenal seperti  Roger Vivier, Kenneth Jay Lane, dan Herbert Levine.

Meskipun tidak pernah dominan seperti May Jane, dalam sejarah fashion Sling Back selalu hadir dan menjadi bagian dari salah satu style yang sering diaplikasikan dengan berbagai jenis dan model sepatu wanita, dari sepatu tanpa hak sampai sepatu hak rendah dan hak tinggi.


Referensi :
Sling Back, wikipedia.org
Delman History, sites.fitnyc.edu
Delman Silk Flapper Evening Shoes, www.etsy.com

Tidak ada komentar: