Tips Memakai Sepatu High Heels Yang Nyaman


Memakai Sepatu High Heels Yang Nyaman

Bagaimana Memakai High Heels Yang Nyaman


Memakai sepatu high heels yang nyaman hanya bisa dilakukan dengan menerapkan cara-cara tertentu, tentunya setelah memilih high heels yang memenuhi kriteria kenyamanan.


Agar bisa nyaman memakai sepatu high heels diperlukan sedikit pengetahuan mengenai efek buruk high heels, baik menyangkut resikonya dan pengaruhnya pada kesehatan kaki pengguna. Kemudian diperlukan kebiasaan-kebiasaan baru yang berbeda dengan memakai sepatu hak rendah atau hak datar, sehingga pengguna bisa mengurangi banyak efek negatifnya tetapi tetap bisa berpenampilan cantik dan menarik.

Tips berikut adalah untuk melengkapi artikel “Sepatu High Heels Yang Nyaman”, dimana di dalamnya terdapat ulasan tentang cara memilih high heels yang nyaman tetapi tidak disertai dengan cara untuk memakainya secara benar. Akibatnya, meskipun pilihannya benar tetapi jika cara memakainya tidak benar, tak urung pengguna high heels merasakan ketidaknyamanan selama memakai sepatu tersebut.

Bagaimana cara memakai sepatu yang membuat penggunanya terus menerus “berjinjit” tapi tetap merasa nyaman, dan apa model sepatu wanita yang bisa menjadi solusi untuk high heels ?

Selama ini high heels selalu identik dengan model sepatu wanita dengan bagian tumit setinggi minimal 8,9 Cm dan sole bagian depan berukuran rendah, sekitar 1 Cm, kebanyakan high heels memiliki ketinggian sampai 12 Cm. Konstruksi tersebut membentuk posisi antara tumit dengan jari-jari kaki menjadi sangat curam atau terjal, hal ini menyebabkan tidak hanya tak nyaman, tapi juga rasa sakit pada bagian depan kaki penggunanya.

Model yang paling banyak untuk jenis sepatu hak tinggi atau high heels adalah Stiletto dan Round Heels yang merupakan submodel dari Cone Heels. Kedua model itu memiliki karakteristik heels yang kecil dengan diameter top heels sekitar 1 Cm. Untuk Stiletto high heels, standar diameter top heelsnya harus di bawah 1 Cm. Beberapa model yang didesain dengan heels lebih besar memiliki resiko lebih kecil bagi pengguna, tetapi tidak mengurangi rasa sakit pada saat menggunakannya.

Apa yang perlu dilakukan untuk memakai kedua model tersebut ?

Berikut adalah beberapa tips yang bisa mengingatkan untuk diterapkan, paling tidak bisa mengurangi ketidaknyamanan, bahkan rasa sakit saat memakai high heels. Tentu saja bagi Anda yang sudah terbiasa memakai high heels, atau paling tidak sebelumnya sudah akrab dengan sepatu mid heels.

01. Pilih kesempatan dimana Anda perlu tampil optimal dengan menggunakan high heels, jangan tanggung-tanggung pilihlah Stiletto. Memang setelah memakainya, terutama jika terlalu lama dalam posisi berdiri atau berjalan akan membuat kaki menjadi tegang sampai urat-urat kaki nampak menonjol. Untuk menormalkannya kembali dapat dilakukan dengan menyandarkan kedua kaki ke posisi yang lebih tinggi, di dinding atau di atas meja sementara Anda merebahkan diri  diatas lantai.

Karena itu untuk meminimalisir efek tersebut, manfaatkan kesempatan duduk secara optimal dengan mengistirahatkan kaki, alihkan berat badan Anda sepenuhnya pada pantat dan paha. Waktu yang relatif singkat tersebut bisa membantu melancarkan peredaran darah di bagian kaki.

02. Gunakan gel chusion untuk meredam tekanan dari berat badan, terutama di saat berjalan. Gel yang terbuat dari silikon ini didesain dalam beberapa bentuk sesuai bagian kaki agar pengguna dapat memilih untuk mengurangi tekanan dan kecenderungan rasa sakit di bagian tertentu. Untuk high heels dengan metal cup toe style, pilih ukuran lebih besar agar terdapat cukup ruang untuk gel cushion dan jari kaki.

Untuk high heels dengan style pointed toe, baik model Cone maupun Stiletto memang bisa memberikan efek penampilan optimal. Penggunanya nampak lebih seksi, tetapi sebaliknya resiko dan rasa sakitnya tidak bisa dikompromi dengan cara apa pun.

Solusi high heels masa depan : Chunky - Platform

Memakai Sepatu High Heels Yang Nyaman
Model Chunky Platform yang aman dan nyaman meskipun oleh para wanita generasi terdahulu  masih belum dianggap sepenuhnya fashioned.

High heels yang lebih “rasional” karena lebih mempertimbangkan aspek keamanan dan kenyamanan adalah Chunky Platfom. Efek tinggi yang diperoleh dari model ini bisa lebih dibandingkan dengan Cone atau Stiletto high heels, sementara penggunanya bisa merasa nyaman. Chunky Platform umumnya memiliki konstruksi dengan posisi tumit dan ujung jari kaki tidak terlalu ekstrim, sehingga dapat mendistribusikan beban berat badan secara lebih seimbang. Tambahan platformnya berfungsi menambah ketinggian Chunky heels setara dengan Cone atau Stiletto high heels.

Masalahnya, banyak yang belum bisa menerima Chunky karena sudah lebih dulu “dijajah” oleh mindset Stiletto sebagai ikon kecantikan, tetapi dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat modern tentang kesehatan, kecantikan yang lebih dipahamkan sebagai “inner beauty” serta berkembangnya wawasan mengenai ergonomi, lambat laun model Chunky Platform akan diterima sebagai sepatu yang aman, nyaman dan ergonomis. Sementara Cone dan Stiletto high heels akan masuk museum menyusul saudaranya sesama sepatu penyiksa kaki wanita: Chopine dan Lotus.


Referensi :
Shoes The Sole Provider, www.vintagefashionguild.org
Brief History High Heels Shoes Gender Brooklyn Museum, www.psmag.com
High Heels, www.lifeinitaly.com

Foto:
www.aelida.com, www.michellebelau.ae, www.yuzikatrina.com

1 komentar:

DC Shoes Indonesia mengatakan...

Makasih ya tipsnya.