Sepatu Flat Gucci 2015-2016


Model Sepatu Hak Datar Gucci
untuk Trend 2015-2016

Sepatu wanita hak datar dari Gucci untuk trend 2015-2016 hadir dalam desain kontemporer, tapi Alessandro Michele mampu mempertahankan penampilan dan ciri Gucci yang elegan.


Sepatu wanita dan pria hasil desain Gucci merupakan produk fashion yang tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, selain Gucci merupakan salah satu rumah mode tertua di Italia, para penerus Guccio Gucci memiliki tradisi yang kuat untuk mengutamakan kualitas sebagai salah satu ciri yang harus tetap dipertahankan.

Salah satu hasil desain Gucci yang terkenal dan menjadi ikon Gucci dalam produk sepatu fashion adalah model Horsebit Loafer, sepatu loafer dengan asesoris miniatur sanggurdi atau pijakan kaki pada pelana kuda. Model tersebut memiliki pangsa pasar tersendiri dan sampai sekarang assesoriesnya banyak ditiru oleh para desainer sepatu. Padahal model tersebut diperkenalkan Gucci pada tahun 1953.

Bagaimana sepatu fashion Gucci untuk trend 2015-2016 ?

Dikomandani oleh Direktur Kreatifnya yang baru, Alessandro Michele, nampaknya Gucci ingin lebih akrab di kalangan anak-anak muda. Kreasi yang identik dengan citra Gucci yakni kemapanan, konvensional dan eksklusif untuk musim ini ditinggalkan. Bagi kalangan fashion, karya Gucci kali ini memang beda dibandingkan saat diretur kreatifnya masih dijabat Frida Giannini.

Para model Gucci tampil casual karena perangkat fashion mereka bernuansa kontemporer tapi stylish. Michele sebagai generasi penerus yang lebih toleran terhadap gaya anak-anak muda nampaknya dengan sengaja ingin menampilkan Gucci ke kalangan fashion yang lain dengan tetap mempertahankan ciri rumah mode yang dibangun sejak tahun 1921 itu, yakni tetap berkelas.

Dalam fashion week fall winter 2015-2016 tersebut, para penyuka fashion tak menemukan sepatu yang identik dengan gaya hidup berkelas dan glamor, tidak ada satu pun high heel yang dipakai para model, bahkan juga mid heels dan low heels. Melainkan semuanya memakai sepatu wanita hak datar alias flat. Tetapi flat yang dihasilkan para desainer Guccu adalah flat modern yang dilengkapi hak untuk memelihara kesehatan kaki penggunanya.

Elemen utama dan dominan yang membedakan flat Gucci untuk trend 2015-2016 adalah aplikasi bahan sepatu yang memberi kesan hangat terhadap kaki para pemakainya, yaitu wool, suede dan bulu. Seluruh flat yang diaplikasi mulai dari style slingback, slip-on sampai clogs tidak lepas dari sentuhan material tersebut.

Beberapa desain memang memberikan penampilan baru yang berbeda. Ada yang cukup matching karena didesain secara terintegratif, sebagaian terkesan dipaksakan karena nampaknya sekedar ditempel bulu-bulu agar menjadi flat yang berbeda. Tetapi pada saat diperagakan oleh para model dengan perangkat fashion yang telah dirancang secara detil dan matang, maka secara keseluruhan memberikan penampilan Gucci yang kontemporer dan berbeda.

Bagaimana sepatu hak datar Gucci untuk trend 2015-2016 memberi aksen pada penampilan pemakainya ?


Flat berbulu ini menjadi sepasang sepatu wanita yang benar-benar matching digunakan oleh model dengan busana amat casual. Didesain menjadi sepatu berbulu, bukan “sepatu yang ditempeli bulu” membuat flat ini mampu menjadi sentuhan akhir yang sangat kuat untuk pilihan busana santai, tapi stylish.

Flat ini tidak bisa “berdiri sendiri” atau dipakai tanpa padanan busana yang tepat, untuk memilih model busana yang sesuai diperlukan kepekaan fashion yang cukup tinggi. Jika dipakai sembarangan atau asal pakai, bukan kesan casual yang akan diperoleh, melainkan kesan amburadul dan pemakainya nampak seperti akan mengikuti carnaval.


Horsebit Loafers yang dimodifikasi menjadi selop ini memang nampak tidak begitu atraktif karena bulu-bulu yang digunakan tidak terlalu rimbun. Flat ini lebih adaptif terhadap semua model busana, pemakainya tidak perlu mengalami kesulitan untuk menyesuaikan busana dengan sepatu, karena flat ini bisa menyesuaikan diri dengan semua model busana. 

Horsebit yang menjadi ciri khas loafer buatan Gucci memberi identitas dan status bahwa flat ini memiliki kualitas dan berasal dari kelas atas, meskipun kelihatan kumuh karena bulu-bulu yang berjuntaian ke lantai penuh dengan debu dan berbagai kotoran.


Mirip dengan model flat sebelumnya, diaplikasi dari model Clogs dengan tetap mempertahankan platformnya yang khas dan variasi sling back untuk memperkuat pegangan kaki, flat ini nampak lebih stylish. Asesoris berupa kepala paku yang nampak menonjol seolah-olah digunakan untuk menempelkan upper menumbuhkan nuansa maskulin.

Bulu-bulu yang ditambahkan pada flat ini lebih integralistik, sehingga terkesan menjadi salah satu elemen dari keseluruhan desain. Efeknya  memperkaya sentuhan estetik, apalagi posisinya berdekatan dengan asesori berupa horsebit yang sudah menjadi ikon Gucci. Komposisi simetris antara kulit kaki pemakai, bulu-bulu dan horsebit keemasan yang menonjol dilatarbelakangi kulit upper warna gelap membuat flat ini mampu mendukung penampilan pemakainya menjadi sangat elegan.


Diaplikasi dengan model boots dengan hak rendah setinggi kurang lebih dengan batas minimal low heels, model ini menjadi sangat unik dan berbeda. Variasi rajutan atau lace up yang sedang trend dilengkapi “sepasang bola” yang ikut berayun setiap kali melangkah membuat model sepatu ini menjadi sangat atraktif.

Siapa pun yang sedang berada di depan pengguna akan “terhipnotis” untuk memandang ke bawah. Karena itu, kaki pengguna harus benar-benar mulus karena akan menjadi fokus perhatian. Meskipun terkesan didesain secara main-main untuk tujuan casual, model ini merupakan hasil desain yang kreatif, tidak saja terkesan styilish, tetapi juga elegan.


Model ini merupakan kreasi Gucci yang paling “membumi”, sederhana, fungsional dan dapat dipakai oleh siapa saja. Didesain berbasis sandal dan diaplikasi dengan strap Mary Jane berukuran besar dan disambung menjadi sling back, dilengkapi heels model chunky memberi efek keseimbangan dan keamanan yang tinggi untuk pemakainya.

Selain menampilkan model-model tersebut untuk trend 2015-2016, Gucci juga memiliki beberapa koleksi yang berbeda warna dan tetap mencerminkan Gucci yang elegan.







Referensi & Foto :
Gucci Shoes At Milan Fashion Week Fall Winter 2015-2016
Milan Fashion Week Fall 2015
Alessandro Michele makes Gucci debut
Classic Since 1953: The Gucci Horsebit Loafer’s 60th Anniversary

Tidak ada komentar: