Sepatu Wanita Trend 2016


Model Sepatu Wanita Terbaru Trend 2016 Model Sepatu Wanita Terbaru Trend 2016 Model Sepatu Wanita Terbaru Trend 2016

Model Sepatu Wanita Terbaru Trend 2016


Sepatu wanita trend 2016 akan mulai dikuasai oleh model Chunky dengan berbagai aplikasinya menggantikan posisi Stiletto dan Cone high heels.


Trend sepatu wanita terbaru 2016 bisa diprediksi dengan mencermati dinamika perkembangan fashion di beberapa pusat mode dunia. Tercatat Kota Milan, Paris, London dan New York, beberapa pengamat mode mulai memasukkan Tokyo ke dalam kelompok pusat mode tersebut. Fashion week yang diselenggarakan secara rutin di kota-kota itu menjadi tolok ukur perkembangan fashion dunia.

Sepatu wanita untuk trend 2016 di pasar global tergantung pada model yang dirancang desainer, tetapi tidak bisa dipisahkan dengan pemilik rumah mode yang ikut mempengaruhi rancangan tersebut berdasarkan pertimbangan dari aspek bisnis. Paling sedikit dikaitkan dengan statistik penjualan dan prediksi terhadap kecenderungan konsumen di pasar fashion.

Nyaris menjadi semacam tradisi, fashion week setiap tahun diselenggarakan menjelang dimasukinya musim semi dan musim panas atau Spring dan Summer. Untuk negara-negara di belahan bumi utara, Spring dimulai dimulai sekitar tanggal 21 Maret  hingga 21 Juni. Sedangkan di belahan selatan, musim semi dimulai sekitar tanggal 23 September hingga 21 Desember.

Berakhirnya musim semi disusul oleh datangnya musim panas atau Summer yang dimulai sekitar tanggal 21 Juni hingga 23 September. Sementara di negara-negara di belahan selatan, musim panas dimulai sekitar tanggal 21 Desember hingga 21 Maret. Kedua musim tersebut tidak memiliki perbedaan iklim yang ekstrim, seperti halnya antara musim panas dengan musim dingin yang bersalju.

Sepatu Wanita Terbaru Trend 2016
Peragaan Miu Miu dalam Fashion Week untuk musim gugur dan musim dingin, Fall - Winter dari akhir September 2015 hingga 21 Maret 2016

Trend sepatu wanita yang ditawarkan para desainer dan rumah mode disesuaikan dengan suasana dan suhu udara pada musim-musim tersebut. Terutama busana dan sepatu memiliki karakteristik setengah terbuka dan terbuka. Setengah terbuka disediakan untuk musim semi dengan suhu udara yang sedang dan gaun maupun sepatu dengan desain yang cenderung terbuka disiapkan untuk musim panas.

Model sepatu terbaru wanita trend 2016
Desain model busana dan sepatu untuk musim rontok dan panas yang serba terbuka.

Jauh sebelum berakhirnya musim panas, fashion week di empat kota pusat mode dunia sudah digelar untuk persiapan perangkat fashion pada musim gugur atau Fall/Autumn dan musim dingin atau Winter. Di negara-negara belahan utara, musim gugur dimulai sekitar tanggal 23 September hingga 21 Desember. Sedangkan di negara-negara belahan selatan, musim gugur dimulai tanggal 21 Maret dan berakhir tanggal 21 Juni.

Selanjutnya, sekitar tanggal 21 Desember mulai berlangsung musim dingin sampai 21 Maret. Sementara di belahan selatan musim dingin dimulai sekitar tanggal 21 Juni hingga 23 September. Di negara-negara daerah khatulistiwa musim dingin identik dengan musim hujan, untuk negara-negara di belahan utara atau selatan yang jauh dari garis khatulistiwa, Winter berarti musim salju.


Model sepatu wanita trend 2016
Fashion Week Chanel untuk trend musim semi dan musim panas, Spring - Summer mulai 21 Maret hingga akhir September 2016.

Karakteristik perangkat fashion yang dirancang untuk musim gugur tidak banyak berbeda dengan musim semi. Kedua musim tersebut merupakan musim peralihan dari musim panas ke musim dingin yang berbeda sangat ekstrim. Busana dan sepatu yang dirancang untuk musim gugur berciri setengah terbuka sesuai dengan suhu udara yang tidak terlalu panas, juga tidak terlalu dingin.

Trend sepatu wanita dan busana yang ditawarkan untuk musim dingin memiliki karakteristik yang bertolakbelakang dengan busana dan sepatu di musim panas. Di musim dingin atau winter dibutuhkan busana dan sepatu yang serba tertutup. Mantel berbulu dan model sepatu boots yang diaplikasi menjadi beragam booties merupakan perangkat fashion yang mutlak diperlukan untuk melindungi pemakainya dari udara basah dan cuaca yang sangat dingin.

Model Terbaru Sepatu Wanita Trend 2016
Sesuai dengan cuaca dingin, model sepatu untuk musim salju didesain tertutup.

Kurun waktu sampai berakhirnya musim salju atau winter sekitar bulan Maret 2016 akan mengakhiri pula model dan style sepatu wanita dengan karakter serba tertutup, lalu digantikan sepatu fashion yang diaplikasi serba terbuka. Tak lagi bisa dijumpai para wanita yang memakai high heels boots, tetapi kreativitas para desainer memungkinkan kehadiran high heels boots open toe yang diaplikasi dengan style sling back.

Meskipun trend sepatu selalu berulang, tetapi hadir dengan kebaruan


Meskipun pada dasarnya trend mode selalu berulang atau kembali ke model-model lama yang pernah populer, tetapi tidak berarti mengulang model yang persis sama, melainkan selalu tampil dengan style dan aplikasi berbeda. Perubahan trend fashion jangka pendek berlangsung dari satu musim ke musim berikutnya. Dalam setiap fashion week merjelang musim dingin misalnya, tidak akan ditemukan aplikasi model sepatu yang sama dengan musim dingin sebelumnya. Begitu pula untuk musim yang sama pada tahun-tahun berikutnya.

Perubahan mendasar umumnya terjadi pada model heel sepatu, saat mulai terjadi perubahan maka penampilan sepatu tersebut akan berbeda secara total dengan model yang sama dan pernah populer beberapa tahun sebelumnya. Karena aplikasi yang dilakukan para desainer bisa menjadi tidak terbatas sebagai akibat semakin terasahnya “sense of beauty” mereka dan hadirnya material-material baru hasil teknologi modern yang memungkinkan digunakan untuk bahan pembuatan sepatu.

Tidak berarti sebuah model heel bakal hilang dari pasaran, melainkan pasarnya akan mengecil digantikan oleh model heel yang lain. Karena itu meskipun pasar sepatu fashion dalam beberapa tahun terakhir didominasi oleh Stiletto dan Cone high heels, selalu masih bisa ditemukan model hak datar atau flat, wedges dan block heels atau chunky sekalipun dalam jumlah yang terbatas.

Perubahan trend sepatu wanita tidak terjadi secara mendadak, diperlukan proses secara bertahap karena selain dipicu oleh tuntutan dunia fashion terhadap perubahan model, juga faktor-faktor di luar fashion, bahkan faktor politik. Seperti dialami model Louis heels atau Pompadour heels, sekarang lebih dikenal dengan sebutan Curved heels, jenis sepatu ini pada abad 17 populer di Perancis karena digunakan oleh Louis XVI,  Raja Prancis dari Dinasti Bourbon, keluarga kerajaan dan para bangsawan. 

Disamping desainnya yang terus diperbarui, Louis heels juga menjadi semacam status simbol. Trend Louis heels berakhir secara total bersamaan dengan terjadinya revolusi Perancis yang pada puncaknya menghukum Permaisuri Louis kelahiran Austria, Marie Antoinette di bawah pisau guillotine pada tanggal 16 Oktober 1793. Louis heel dilarang di Perancis karena dianggap sebagai model sepatu yang menjadi simbol kekuasaan penindas rakyat.

Trend sepatu wanita juga bisa berubah akibat meningkatnya kesadaran masyarakat modern terhadap pelestarian alam. Bahan sepatu yang berasal dari kulit hewan langka awalnya menjadi kebanggaan wanita karena harganya yang sangat mahal. Sejalan dengan perkembangan peradaban tumbuh pula kesadaran terhadap pentingnya pelestarian alam, salah satu implementasinya adalah perlindungan terhadap satwa langka.

Trend sepatu wanita eksklusif yang semula berbahan kulit binatang, misalnya leopard, juga turut berubah. Tetapi kemajuan teknologi mampu membuat kulit sintetis dengan tekstur persis seperti aslinya dan bisa dibuat secara massal, sehingga harganya menjadi lebih murah dan semua wanita bisa memakai sepatu kulit leopard. Kini para pengguna leopard high heels tak hanya nampak lebih cantik tetapi lebih dari itu adalah lebih beradab.

Pemicu perubahan trend sepatu wanita yang potensial saat ini adalah semakin meningkatnya kesadaran masyarat terhadap pentingnya memelihara kesehatan, termasuk kesehatan kaki. Tentu saja, implementasinya akan mengarah ke model Stiletto dan Cone high heels. Selain pemakaian jangka panjang bisa merusak persendian kaki, kedua model high heels tersebut juga memiliki stabilitas sangat rendah yang bisa mengakibatkan kaki pengguna terkilir atau terjatuh.

Solusi yang paling tepat adalah flat platform, tetapi karena penampilan model ini dinilai tidak fashioned, maka alternatif kedua adalah Chunky heels. Meskipun sebenarnya Chunky high heels yang didesain untuk memperoleh efek tinggi dengan posisi tumit yang terlalu curam sehingga tekanan pada ujung jari kaki tidak berbeda dengan model Stiletto dan Cone high heels, paling tidak masih memiliki kelebihan dalam hal stabilitas.

Sepatu wanita trend 2016 model chunky
Kesehatan dan kenyamanan menjadi faktor yang makin dipertimbangkan wanita.

High heels paling ideal adalah Chunky heel platforms yang didesain dengan posisi tumit tidak terlalu curam, sehingga beban berat badan pemakainya bisa terdistribusi secara merata. Sementara itu pemakainya masih memperoleh efek tinggi yang dikehendaki dan bisa memakai sepatu model ini dengan aman dan nyaman. Dari sisi esetetikanya, kini banyak Chunky heels yang berpenampilan lebih elegan bila dibandingkan dengan Chunky di tahun 1980-an.

Dalam fashion week tahun 2012 Chunky sudah hadir meskipun dengan sentuhan desain yang lebih sederhana. Pada tahun 2014 Chunky high heels sudah mulai banyak ditampilkan oleh para desainer. Pada fashion week menjelang Fall - Winter 2015-2016 sekitar 50 persen sepatu wanita yang ditampilkan adalah model Chunky dengan beragam aplikasi.

Perjalanan sejarah Chunky heels sebenarnya sudah dimulai sejak pemerintahan Louis XIV pada abad 16. Model ini menjadi heels sepatu Raja Perancis tersebut dengan ciri khas bewarna merah. Dimasa itu cat merah terbilang langka dan berharga sangat mahal, sehingga hanya kalangan kerajaan dan para bangsawan yang mampu menggunakannya.

Trend model sepatu wanita terbaru 2016
Chunky pertama kali dipopulerkan oleh Louis XIV pada abad 16

Sangat mungkin model Chunky ini kemudian dimodifikasi oleh pembuat sepatu kerajaan menjadi model Louis heels atau Pompadour heels untuk desain sepatu Raja Perancis selanjutnya, Louis XVI yang sekaligus juga raja terakhir Perancis. Saat itu pula model Chunky mulai menghilang karena digantikan oleh model yang lebih baru.

Model sepatu wanita trend terbaru 2016
David Bowie juga membuat Chunky disukai remaja AS di tahun 1970-an.

Chunky mulai muncul kembali ketika sepatu dengan hak seperti “ganjal kaki” ini digunakan diatas pentas oleh para artis yang membutuhkan penampilan berbeda. Di era tahun 1970-an, David Bowie dan Elton John memakai Chunky yang didesain mencolok. Memang penampilannya tidak fashioned, tetapi nampaknya para selebriti itu tak peduli karena mereka lebih membutuhkan “penampilan berbeda” untuk dukungan popularitas.

Trend terbaru 2016 model sepatu wanita
Chunky dan platform sempat menjadi model sepatu favorit para remaja AS

Trend 2016 terbaru model sepatu wanita
Chunky dan diskotik menjadi gaya hidup remaja AS di tahun 1970-an

Memasuki tahun 1980-an Chunky mulai tenggelam kembali. Sekitar 35 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2014 kehadiran model Chunky dengan penampilan yang selalu berbeda dalam setiap fashion week yang digelar menjelang pergantian musim, khususnya Milan, London, Paris dan New York, mulai mendapat perhatian para penyuka fashion.

Respon terhadap kehadiran model Chunky ini terbanyak berasal dari kalangan remaja. Penampilannya yang stylish dan lebih minim resiko dibandingkan dengan stiletto atau cone heels nampaknya menjadi faktor daya tarik kaum muda yang cenderung bersikap instant, ingin segera tampil lebih tinggi tanpa perlu berlatih memakai hugh heels.

Dalam fashion week terakhir untuk Fall-Winter 2016-2017, terutama di Milan, nyaris semua sepatu fashion didominasi oleh model Chunky dengan berbagai aplikasi. Meskipun demikian masih terdapat beberapa rumah mode yang berusaha mempertahankan masa-masa kejayaan stiletto. Sebagian lagi mencoba mengaplikasikannya dengan model Chunky, tetapi kebanyakan menampilkan desain dengan ciri khas Chunky heels.

Trend model sepatu wanita terbaru 2016
Penampilan Chunky masa kini tidak hanya elegan, juga artistik

Jika New York Fashion Week yang digelar tahun lalu juga banyak menawarkan sepatu wanita model Chunky high heels untuk trend Fall-Winter 2015-2016, untuk trend Spring Summer 2016 tak banyak mengalami perubahan. Beberapa rumah mode masih menawarkan trend high heels dengan model Stiletto dan Cone heels meskipun tidak lagi dominan. Berikut adalah sebagian model chunky high heels dari beberapa desainer rumah mode di AS.

Trend model sepatu wanita terbaru 2016Trend model sepatu wanita terbaru 2016
Trend model sepatu wanita terbaru 2016Trend model sepatu wanita terbaru 2016
Model sepatu wanita terbaru trend 2016Model sepatu wanita terbaru trend 2016
Model sepatu wanita terbaru trend 2016Model sepatu wanita terbaru trend 2016
Model sepatu wanita terbaru trend 2016Model sepatu wanita terbaru trend 2016
Model sepatu wanita terbaru trend 2016Model sepatu wanita terbaru trend 2016
Model sepatu wanita terbaru trend 2016 Model sepatu wanita terbaru trend 2016
Model sepatu wanita terbaru trend 2016 Model sepatu wanita terbaru trend 2016
Model sepatu wanita terbaru trend 2016 Model sepatu wanita terbaru trend 2016
Tahun 2016 akan menjadi pemantapan bagi masuknya Chunky heels dalam pasar sepatu fashion, untuk tahun-tahun berikutnya keberadaan model ini akan diperkokoh oleh para konsumennya yang saat ini masih berusia remaja mulai beranjak ke usia dewasa. Mereka adalah pengguna potensial yang memiliki pertimbangan lebih rasional dibandingkan para wanita dari generasi sebelumnya.

Trend penampilan terbaru sepatu Flat

Tidak hanya Chunky yang mulai naik daun, flat atau sepatu hak datar dalam beberapa tahun terakhir ini juga mulai mulai diminati para wanita. Penampilan flat yang diaplikasi dengan berbagai model dan style oleh para desainer menjadi lebih cantik dan fashioned. Sejak digelarnya fashion week tahun 2014 flat mulai hadir dengan sentuhan yang berbeda.

Selama ini image tentang flat tidak lebih daripada sepatu Kungfu dalam film-film yang dibintangi oleh Bruce Lee: tanpa hak, berujung round toe dan polos. Ketika diaplikasi dengan style pointed toe penampilan flat shoes sudah banyak berbeda. Terutama ditangan para desainer Dolce & Gabbana yang kaya dengan sentuhan ornamen, sepatu flat terkesan mewah dan elegan.

Model sepatu wanita terbaru trend 2016l
Penampilan flat trend 2016 yang sangat stylish.

Bahkan dengan sentuhan sangat sederhana, flat berbahan full-grain atau brush-off, yaitu jenis kulit yang paling mudah diperoleh di pasaran lalu didesain dengan aplikasi pointed toe, meskipun tidak menggunakan hak ternyata dapat tampil elegan dan bisa dipadupadankan dengan busana casual sampai busana resmi. Flat menjadi alas kaki yang masih memendam banyak kreasi tetapi selama ini terabaikan karena dominasi high heels.

Tak banyak berbeda dengan model Chunky, para desainer dan rumah mode kini mulai menampilkan desain sepatu hak datar yang diaplikasi dengan beragam model dan style dimana pada waktu-waktu sebelumnya seolah ide-ide seperti itu tak pernah ada. Sepatu wanita terbaru untuk trend tahun 2016 akan lebih banyak diwarnai oleh penampilan Chunky dan Flat dalam beragam aplikasi. Berikut adalah model  flat dengan berbagai aplikasi yang dihadirkan oleh para desainer New York dalam fashion week untuk trend sepatu wanita di tahun 2016.

Model sepatu wanita terbaru trend 2016Model sepatu wanita terbaru trend 2016
Model sepatu wanita terbaru trend 2016 Model sepatu wanita terbaru trend 2016
Model sepatu wanita terbaru trend 2016 Model sepatu wanita terbaru trend 2016
Model sepatu wanita terbaru trend 2016 Model sepatu wanita terbaru trend 2016
Model sepatu wanita terbaru trend 2016 Model sepatu wanita terbaru trend 2016
Model sepatu wanita terbaru trend 2016 Model sepatu wanita terbaru trend 2016
Model sepatu wanita terbaru trend 2016 Model sepatu wanita terbaru trend 2016
Diantara berbagai model flat yang diaplikasi dengan beragam style, flat lace-up atau sepatu flat bertali merupakan sepatu wanita yang saat ini sedang menjadi trend. Sekitar dua tahun terakhir model ini mulai tampil dalam fashion week di New York sampai Paris. Awalnya hanya satu atau dua pasang model, kini flat lace up menjadi salah satu model yang tampil dominan, bahkan beberapa desainer sudah mulai mengganti hak datarnya dengan hak wedges.

Sepatu wanita trend 2016

Sepatu wanita trend 2016

Sepatu wanita trend 2016

Sepatu wanita trend 2016

Sepatu wanita trend 2016

Perubahan trend tersebut akan segera terjadi di kalangan fashion sepatu untuk kelas dunia, di tingkat lokal atau tepatnya di kota-kota kecil berbagai negara akan berlangsung dalam waktu yang berbeda. Tergantung pada tingkat korelasinya terhadap pasar global, orientasi fashion dan kondisi sosial ekonomi masyarakat masing-masing.

Sebenarnya hasil-hasil desainer kelas dunia tersebut bisa dijadikan acuan oleh para perajin dalam negeri untuk memodifikasi produk mereka sehingga memiliki nilai tambah dan meningkatkan penjualan. Dampaknya pun, konsumen wanita Indonesia akan berpenampilan lebih fashioned dengan flat model mutakhir.


Tags : model-sepatu-wanita-terbaru-trend-2016

Artikel Terkait dengan “Model Sepatu Wanita Terbaru Trend 2016” :


Model Wedges Ferragamo Trend 2015-2016, Reinkarnasi Dari Tahun 1939
Trend 2015-2016 : Chunky Merambah Mid Heels
Miu Miu Chunky Heels Dari Prada Terbaik Untuk Trend 2015-2016
Untuk Trend 2015-2016 Chanel Hadirkan Sang Legenda Two Tone
Model Wedges Fendi Trend 2015-2016 Dengan Platform Baru, Stylish Dan Fungsional
Model Sepatu Hak Datar Gucci untuk Trend 2015-2016
Style 2016 : Lace Up Flats
Wedges Gaya Italia Trend 2015- Maret 2016
Trend Wedges Ala Paris Sampai Maret 2016
Wedges Gaya New York untuk Trend 2015-2016


Referensi dan Foto Artikel “Model Sepatu Wanita Terbaru Trend 2016” :
01. Fashion Week Paris Herbst/Winter 2015/16
02. Get Aboard Chanel Airlines This Spring/Summer 2016
03. High Heels For Men Show Just How Much Gender Expression Has Changed
04. Throwback Thursday: Platform Shoes
05. Red heels-les talons rouges in French
06. Red heels - les talons rouges in French
07. 1970s Street Style

Tidak ada komentar: